oleh

Rapat Terbuka RW 02 Cidatar, Secara Demokratis Rahmat Sisihkan Tiga Rivalnya

GOSIPGARUT.ID — Minggu, 9 Juni 2019. Di lapangan Pengkolan Cidatar telah berlangsung rapat terbuka tingkat RW 02, Desa Cidatar, Kecamatan Cisurupan, Kabupaten Garut. Rapat terbuka kali ini dalam rangka pemilihan ketua RW 02 Cidatar secara langsung melalui pemungutan suara.

Ketua RW 02 yang sebelumnya drh.H. Ate Hikmat Buana telah berakhir karena didapuk menduduki jabatan anggota Badan Perwakilan Desa (BPD) Cidatar periode mendatang.

H Ate yang akrab dipanggil Haji Ade secara langsung memimpin sebagai ketua panitianya menuturkan kepada media, kegiatan ini merupakan pembelajaran organisasi yang sedang dibangun di masyarakat adalah pilihan ketua RW secara terbuka dan melalui sistem demokratis.

Baca Juga:   Peduli Bencana Puting Beliung Rancaekek, Brigez Cisewu Galang Dana

Daftar pemilih tetap (DPT) tingkat RW 02 Desa Cidatar, menurut dia, berjumlah 450 orang. Adapun syarat dan ketentuan diatur melalui musyawarah desa yang ke depannnya menjadi bagian dari produk Perdes Cidatar. Panitia mengikuti aturan main yang mengadopsi peraturan KPU-RI yang implementasi melalui tahapan pilahan RW.

Bakal Calon yang terjaring dan lolos administrasi yaitu: Nomor 1 Tedi Radian H, nomor 2 Herlan, nomor 3 Itang Farid K, dan nomor 4 Rahmat Hidayat.

Baca Juga:   Seorang Pemuda di Garut Diringkus Polisi Saat Pacu Sepeda Motor Curian

Saat ditemui Kepala Desa Cidatar, Amun Sunjana, mendukung kegiatan karena ini bagian dari demokrasi mini yang sesungguhnya. Semua rakyat yang ada di Kampung Cidatar menginginkan pesta ini, dan tentunya mereka berkomitmen untuk menjaga kerukunan antar anggota keluarga.

“Tatanan demokrasi yang sedang dibangun tingkat RW mudah-mudahan menjadi bagian dari keteraturan sistem lembaga desa (RT/RW). Semoga semua pihak berperan serta dalam memajukan kampungnya, serta tetap menjadi kerukunan warga. Yang kalah maupun yang menang nanti harus sama-sama membangun kampungnya sesuai tupoksinya,” saran dia.

Baca Juga:   Sebuah Angkot yang Tengah Melaju di Limbangan Hangus Terbakar

Proses pemungutan suara berlangsung mulai pukul 07.00 sampai 13.00 WIB. Dibuka oleh ketua panitia selaku ketua RW lama. Proses kegiatan ini didukung oleh semua pihak: BPD, Kepala Desa Cidatar, dan lembaga lainnya.

Hasil rekap perhitungan suara pukul 14.00 WIB diperoleh Rahmat Hidayat nomor urut 4 sebagai suara terbanyak. Semua panitia dan para saksi ikut menandatangani berita acara tersebut dan dapat dipastikan Rahmat Hidayat sebagai ketua RW 02 terpilih masa bakti ke depannnya. (Budi Firdaus/Yuyus)

Komentar