Budaya

Disdik Garut Berlakukan Sistem Zonasi dalam PPDB Sekolah Dasar

×

Disdik Garut Berlakukan Sistem Zonasi dalam PPDB Sekolah Dasar

Sebarkan artikel ini
Kadisdik Garut, Totong. (Foto: Istimewa)

GOSIPGARUT.ID — Dinas Pendidikan Kabupaten Garut memberlakukan sistem zonasi pada penerimaan peserta didik baru (PPDB) tahun ini. Tidak hanya untuk sekolah menengah pertama (SMP) saja, namun termasuk sekolah dasar (SD).

Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Garut, Totong, mengatakan, sistem zonasi sekolah berdasarkan zonasi domisili, prestasi, dan pelaksana tugas orang tua atau wali, rawan bencana, dan perbatasan daerah.

Nantinya, para siswa baru yang daftar ke sekolah, indikator diterima atau tidaknya bergantung pada nilai. Sistem zonasi menjadi salah satu nilai penentu.

Baca Juga:   Anak PAUD, RA,TK di Leuwigoong dan Cibiuk Ikuti Lomba Mewarnai

“Untuk zonasi domisili 90 persen, 5 persen prestasi, 5 persen untuk pelaksanaan tugas orangtua wali, rawan bencana, perbatasan jalur zonasi seperti yang dari perbatasan Tasikmalaya ke Garut,” kata Totong.

Ia menambahkan, untuk tingkat SD, yang termasuk zonasi maksimal jarak rumah ke sekolah tiga kilometer. Sementara untuk SMP berjarak tujuh kilometer.

Menurut Totong, siapapun diperbolehkan untuk mendaftar ke sekolah mana saja, tetapi ketika siswa tersebut mendaftar ke sekolah di luar zonasi rumah siswa, maka anak itu tidak mendapat nilai zonasi ketika proses seleksi masuk.

Baca Juga:   Disdik Garut Diminta Segera Selesaikan Kasus Kekerasan Kepsek Terhadap Siswanya

“Semakin dekat semakin tinggi nilainya. Di luar tiga kilometer (untuk syarat masuk SMPN) tidak ada nilai zonasi tapi tetap bisa daftar,” tambah dia.

Totong menjelaskan, sistem zonasi ini mengharuskan anak yang mendaftar ke sekolah yang berada di luar zonasi memiliki nilai tinggi dalam sisi nilai akademik. Hal tersebut untuk menutup nilai zonasi yang tidak didapatnya.

Baca Juga:   Bupati Garut: UU Pemajuan Kebudayaan Lindungi Kebudayaan Lokal
Konten berbayar berikut adalah iklan platform Mixadvert dan MGID. Gosipgarut.id tidak terkait dengan materi konten ini.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *