oleh

Curug Jaga Pati, Air Terjun Eksotis Berundak yang Sembunyi di Garut

GOSIPGARUT.ID — Dilihat dari sudut manapun, air terjun ini tetap terlihat indah. Berada di Kampung Padarame, Desa Neglasari, Kecamatan Cisompet Kabupaten Garut, lokasi air terjun ini cukup tersembunyi. Untuk mencapainya, Anda harus melalui trek yang sulit dengan medan yang terjal dan licin.

Selain harus melewati jembatan yang terbuat dari bambu, Anda juga akan menemukan jalur trekking berupa ilalang yang cukup tinggi. Melewati hutan, serta jalanan setapak yang cukup curam. Bagi pencinta petualangan, ini justru tantangan yang mengasyikkan. Setibanya di lokasi, lelah Anda akan terbayarkan karena air terjun ini memiliki keindahan yang menakjubkan.

“Salah satu air terjun yang elok nan tersembunyi dan wajib dikunjungi saat di Garut adalah Curug Jaga Pati. Air terjun ini berlokasi di Kampung Padarame, Desa Neglasari, Kecamatan Cisompet, Kabupaten Garut. Curug ini memiliki daya tarik sedikitnya tiga terjunan air yang cukup tinggi. Kualitas airnya masih relatif bersih dan jernih. Selain itu, air curug ini berasal dari aliran Sungai Cilimbung yang berasal dari Gunung Limbung. Yuk, dolan ke sini!” tulis Instagram @ayodolan.

Curug Jaga Pati. (Foto: Istimewa)

Curug Jaga Pati memiliki keunikan yang membuat orang betah berlama-lama. Tebing kokoh di kanan kiri serta pemandangan hijaunya pepohonan membuat siapa saja yang ke sini akan terkesima. Air terjun ini memiliki lintasan yang cukup panjang dengan undakan-undakan yang indah. Ada tiga terjunan air yang cukup tinggi, bukan terjun dari sebuah tebing melainkan turun memanjang melalui celah sempit yang ada di tengah-tengah antara kedua tebing.

Baca Juga:   Pemkab Garut Mulai Benahi Destinasi Wisata Baru Leuwi Tonjong

Beberapa bongkahan batu di samping air terjun menambah keasrian layaknya suasana pemandian di pedesaan. Udaranya sejuk, jauh dari polusi udara. Airnya juga jernih karena berasal dari Sungai Cilimbung yang mengalir langsung dari Gunung Limbung.

Air yang jernih ini membuat kolam-kolam air yang terbentuk tepat di bawah air terjun. Biasanya, kolam ini digunakan pengunjung untuk berenang maupun berendam. Pada saat kemarau, air kolam akan berwarna tosca. Debit airnya tidak terlalu besar, sehingga aman untuk mandi dan berenang.

Baca Juga:   Hutan Mati, Salah Satu "Spot" Menarik di Gunung Papandayan

Fasilitas di Curug Jaga Pati masih minim. Karena itu, pengunjung disarankan membawa makanan, minuman, dan perlengkapan dari rumah. Area di sekitar Curug Jaga Pati cukup luas dan terbuka. Karena lokasinya yang tersembunyi dan sulit diakses, membuat air terjun ini jarang dikunjungi wisatawan. (IN/Gun)


Komentar

Berita Terkait