oleh

Baliho Perolehan Suara Pilpres di Garut Ditertibkan, Brigade 02 Menyesalkan

GOSIPGARUT.ID — Petugas gabungan menertibkan baliho bertuliskan hasil perolehan suara pemilihan presiden (pilpres) yang dipasang di sekitar Bundaran Simpang Lima, Kabupaten Garut, Selasa malam (7/5/2019).

Ketua Panitia Pengawas Kecamatan Tarogong Kidul, Geri Muzayyin, Rabu (8/5/2019) mengatakan, penertiban baliho itu dilakukan bersama Satuan Polisi Pamong Praja Garut dan mendapatkan bantuan pengamanan dari Kepolisian.

“Penertiban itu untuk menjaga kondusivitas pascapemilu,” kata Geri.

Baca Juga:   Korban Pencabulan RGS Sebanyak 20 Orang, Berusia 15 Sampai 17 Tahun

Ia menuturkan, penertiban itu sesuai instruksi dari Bawaslu RI terkait upaya menjaga situasi dan kondisi di daerah agar tetap aman dengan tidak mengklaim kemenangan sebelum ada pengumuman resmi dari KPU RI pada 22 Mei 2019.

Menurut Geri, pemasangan spanduk dan baliho yang mengklaim kemenangan salah satu pasangan calon presiden dan wakil presiden dikhawatirkan menimbulkan reaksi negatif dari pendukung calon lain.

Baca Juga:   BNN Periksa Urine Seluruh Petugas Lapas Garut

“Kita harus menunggu hasil resmi, ini (pemilihan presiden) kan ukurannya nasional,” katanya.

Geri menyampaikan, penertiban baliho yang dilakukan oleh petugas Satpol PP Garut itu sempat mendapat penolakan dari pendukung Prabowo Subianto-Sandiaga Uno, Brigade 02 Garut.

Namun penolakan penertiban itu, kata dia, tidak terjadi adu fisik, hanya menyampaikan keberatan terkait tindakan petugas menertibkan baliho yang hanya menyampaikan kemenangan pemilihan presiden tingkat Garut.

Baca Juga:   Usai Diperiksa Polisi, Vanessa Angel Langsung Ditahan

“Ada dua yang kami amankan dan sudah lapor ke Bawaslu untuk menertibkan,” ujar Geri.

Ketua Brigade 02 Garut Yusuf Supriadi mengatakan, heran adanya penertiban baliho yang hanya menyampaikan kemenangan pasangan calon presiden wakil presiden nomor urut 02 hasil rapat pleno tingkat KPU Kabupaten Garut.

“Kami menyampaikan hasil pleno KPU Garut, kami akan mengawal hasil pleno di Garut ini utuh,” katanya. (Ant/Yus)

Komentar