Nasional

Saber Hoaks Deteksi Berita Palsu di Jabar Meningkat Jelang Pilpres

×

Saber Hoaks Deteksi Berita Palsu di Jabar Meningkat Jelang Pilpres

Sebarkan artikel ini
Berita palsu (Hoaks). (Foto: Ilustrasi/Istimewa)

GOSIPGARUT.ID — Lembaga Jabar Sapu Bersih (Saber) Hoaks mendeteksi jumlah berita palsu atau hoaks mengenai politik di Provinsi Jawa Barat semakin banyak beredar di laman daring, khususnya di media sosial, menjelang Pemilu Presiden 2019.

“Menurut hasil laporan, menjelang Pilpres memang meningkat pesat laporan khususnya hoaks tentang politik,” kata Gubernur Jawa Barat M Ridwan Kamil atau Emil, Rabu (23/1/2019).

Gubernur Emil mengatakan sejak diluncurkan pada awal Desember 2018, Tim Jabar Saber Hoaks terus bekerja keras dalam memberantas hoaks yang beredar di laman daring selama ini.

Baca Juga:   BMKG Catat 1.290 Kali Gempa Bumi di Jabar pada 2022, Empat Gempa Merusak

“Dan jumlah hoaks yang ditemukan pun semakin banyak dan ditindaklanjuti dengan klarifikasi dan pelaporan,” kata dia.

Pihaknya berharap warga Jabar tidak khawatir dan bingung dalam menerima informasi dan jika kurang yakin dengan informasi yang ditemukan, warga bisa segera menghubungi Jabar Saber Hoaks.

“Saya senang Jabar Saber Hoaks ini diapresisasi oleh banyak kementerian termasuk Pak Presiden sendiri kemarin waktu di Garut,” kata dia.

Baca Juga:   Mendagri Tito Karnavian Tetapkan Pakaian Dinas PNS dan PPPK di Lingkup Pemerintah Daerah

“Menurut saya luar biasa jadi sekarang rakyat punya saluran bagaimana memverifikasi kegalauan keresahan oleh berita yang belum diyakini,” lanjut Gubernur Emil.

Dia mengatakan selama ini banyak pihak yang memberikan apresiasi karena Jabar satu-satunya provinsi yang punya tim profesional untuk menangkal hoaks.

“Kalau ini dihadirkan di seluruh Indonesia maka warga tak akan mengalami keresahan akibat berita bohong,” kata Emil. (Ant/Fj)

Konten berbayar berikut adalah iklan platform Mixadvert dan MGID. Gosipgarut.id tidak terkait dengan materi konten ini.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *