Jawa Barat

Kelola Sampah, Pemkab Garut Jajaki Kerjasama dengan Korsel

×

Kelola Sampah, Pemkab Garut Jajaki Kerjasama dengan Korsel

Sebarkan artikel ini
Kantor Pemkab Garut. (Foto: Istimewa)

GOSIPGARUT.ID — Pemerintah Kabupaten Garut menjajaki kerja sama dengan perusahaan dari Korea Selatan dalam pengelolaan sampah di Garut agar bisa menjadi sesuatu yang bermanfaat termasuk pemanfaatan untuk energi listrik.

“Pertemuan dengan Korea Selatan itu masalah sampah, rencananya akan ada kerja sama dalam pengolahan sampah,” kata Bupati Garut Rudy Gunawan, Senin (21/1/2019).

Ia menuturkan, pihak Korea Selatan memiliki tekonologi yang mampu mengolah sampah menjadi sesuatu yang berguna seperti menghasilkan energi listrik yang nantinya bisa dimanfaatkan untuk kebutuhan masyarakat.

Baca Juga:   Tujuh Warga Jawa Barat Positif Corona, Ini Asal Domisilinya

Korsel tertarik berinvestasi di Garut, untuk itu terlebih dahulu akan menunjukan keunggulan teknologi pengolahan sampah yang dibuatnya itu.

“Mereka mau investasi ke kita jadi minta ekspos, punya teknologi yang menghasilkan listrik,” kata politisi Partai Gerindra itu.

Ia mengungkapkan, tahapan kerjasama itu masih dalam perbincangan, termasuk pertimbangan produksi sampah di Kabupaten Garut yang belum terlalu banyak untuk memenuhi kebutuhan ideal teknologi tersebut.

Baca Juga:   Pemkab Garut dan UT Membuat Nota Kesepakatan Tingkatkan Mutu SDM dan Kelembagaan

Namun kerja sama itu, kata Rudy, tentunya harus dipertimbangkan karena sampah menjadi persoalan pemerintah yang harus diselesaikan agar tidak memberikan dampak buruk terhadap masyarakat.

“Teknologi itu harus ada di Garut, karena nantinya sampah diolah dan akan diproses langsung,” katanya.

Rudy menambahkan, selama ini sampah dari beberapa daerah Garut dibuang ke Tempat Pembuangan Akhir (TPA) Pasirbajing yang kondisinya sudah tidak ideal lagi sehingga membutuhkan TPA lain untuk menampung sampah di Garut.

Konten berbayar berikut adalah iklan platform Mixadvert dan MGID. Gosipgarut.id tidak terkait dengan materi konten ini.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *