Nasional

Lima Daerah Ini Berhasil Manfaatkan Tren Digital, Mana Saja?

×

Lima Daerah Ini Berhasil Manfaatkan Tren Digital, Mana Saja?

Sebarkan artikel ini
Foto: Ilustrasi/Istimewa

GOSIPGARUT.ID — Lima daerah di Indonesia saat ini berhasil memanfaatkan tren digital dengan melihat pesatnya pertumbuhan rintisan bisnis digital (startup) serta adanya dukungan pemerintah daerah setempat.

Kelima daerah itu yakni Jabodetabek, Bandung, Yogyakarta, Malang, Bali, Banyuwangi.

“Kemajuan digital daerah-daerah itu tergantung beberapa parameter, antara lain mindset pemerintah, kemampuan para sumber daya manusianya, dan infrastruktur pendukung, ” kata Konsultan Bisnis Digital, Tuhu Nugraha, kepada pers, Minggu (13/1/2019).

Baca Juga:   BMKG Minta Warga Waspadai Peredaran Hoax Terkait Tsunami Banten

Ia menegaskan, Jabodetabek menjadi juara bisnis digital karena pusat ekonomi, pemerintahan dan juga SDM terbaik seluruh Indonesia berkumpul di daerah ini.

“Inovasi terbaru hingga perusahaan rintisan digital banyak tumbuh. Dari empat perusahaan startup Unicorn Indonesia, Tokopedia, Bukalapak, Traveloka, dan Go-Jek semua berbasis di Jakarta,” ujar Tuhu.

Bandung sejak dulu dikenal sebagai kota yang kreatif dan inovatif. Bandung memiliki banyak kampus ternama seperti ITB, UNPAD, UNPAR dan berbagai kampus lainnya yang kemudian jadi motor penggerak inovasi terutama di industri digital.

Baca Juga:   Jokowi -- Amin "Bombardir" Garut, Tapi Prabowo -- Sandi yang Menang Telak

Tuhu Nugraha mengatakan, Bandung dan Jawa Barat memiliki pemimpin (Ridwal Kamil-red) yang sangat berpengaruh pada tumbuhnya sektor digital.

“Ridwan Kamil membangun sistem open data berbasis internet untuk mendorong inovasi dan kreativitas di Bandung. Perusahaan startup berbasis digital juga banyak sekali bermunculan di kota Bandung,” katanya.

Sementara, Yogyakarta dikenal sebagai kota mahasiswa, jadi salah satu tujuan favorit mahasiswa di Indonesia. Jumlah kampus yang ada di Yogyakarta memang istimewa banyaknya, dengan UGM sebagai favorit utama. Ini jadi salah satu pendorong tumbuhnya ekonomi digital di Yogyakarta.

Konten berbayar berikut adalah iklan platform Mixadvert dan MGID. Gosipgarut.id tidak terkait dengan materi konten ini.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *