Budaya

Gunung Tumpeng, Momentum di Desa Cikarang

×

Gunung Tumpeng, Momentum di Desa Cikarang

Sebarkan artikel ini
Gunung Tumpeng di Desa Cikarang, Kecamatan Cisewu, Kabupaten Garut. (Foto: Bela Novitasari)

Oleh: Bela Novitasari

GUNUNG tumpeng berada di kawasan Paseureuhan, Desa Cikarang, Kecamatan Cisewu, Kabupaten Garut.

Tumpeng adalah sajian nasi berbentuk kerucut dalam istilah adat Sunda. Gunung Tumpeng sangat mudah dikenali karena bentuknya yang sangat menonjol dibanding dataran
sekitarnya.

“Iya memang tinggi sekali. Luasnya bisa sampai satu hektare,” kata Herman, Sekdes Cikarang.

Di hadapan gunung ini ke arah barat, mengalir Sungai Cilaki yang bersumber dari pegunungan di selatan Bandung. Sungai yang menjadi salah satu nama jalan di kota Bandung dan menjadi batas dua kabupaten, Garut dan Cianjur, ini seakan disaksikan Gunung Tumpeng mengalir ke laut selatan.

Baca Juga:   Saat Ini SD dan SMP di Garut Butuhkan Tiga Ribuan Guru ASN

Konon, pada zaman dulu, Gunung Tumpeng ini terkenal dengan keangkerannya yang memiliki aura mistis, karena banyak yang menyebutkan bahwa pasangan Gunung Tumpeng tersebut adalah Gunung Dangur.

Gunung Dangur sendiri dulunya adalah tempat persembunyian orang-orang pada zaman penjajahan Belanda. Dangur merupakan sebuah kawasan yang terabaikan atau terlupakan yang dulunya bukan perkampungan, melainkan sebuah hutan subur dan masih subur sampai sekarang walau sudah terbagi-bagi menjadi beberapa kawasan.

Baca Juga:   Kabupaten Garut Akan Berulangtahun ke-211, Logo Daerahnya Miliki Makna Keanekaragaman

Namun hal tersebut tidak menjadi masalah bagi masyarakat sekitar, karena sejarah tersebut turun temurun dari orangtua terdahulu, dan hal ini adalah cerita rakyat yang terus berkembang.

Gunung Tumpeng memiliki keindahan yang begitu menawan bagi siapa saja yang melihatnya. Di atas gunung tersebut hanya ada lempengan-lempengan batu dan pepohohan yang rimbun. Terlepas dari cerita kemistisannya, sekarang Gunung Tumpeng menjadi momentum Desa Cikarang.

Konten berbayar berikut adalah iklan platform Mixadvert dan MGID. Gosipgarut.id tidak terkait dengan materi konten ini.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *