oleh

Produsen Kopi Garut Mampu Ekspor ke China dan Taiwan

GOSIPGARUT.ID — Produsen kopi di Garut selama ini ternyata telah mampu mengekspor kopi arabika kualitas bagus untuk memenuhi kebutuhan pasar Asia yakni China dan Taiwan.

“Kita sudah ekspor ke dua negara China dan Taiwan sebanyak 125 ton┬ádua kali pemberangkatan,” kata Kepala Dinas Pertanian Kabupaten Garut, Beni Yoga kepada wartawan, Selasa (3/12/2019).

Ia menuturkan, kopi yang diproduksi oleh petani kopi di Kabupaten Garut saat ini sudah banyak diminati berbagai kalangan termasuk penikmat kopi dari China dan Taiwan.

Pemkab Garut, lanjut Beni, terus berupaya mengenalkan kopi dari Garut dalam rangka meningkatkan penjualan dan ekspor kopi ke sejumlah negara lain.

Baca Juga:   Tak Dinyana, Kopi Nikmat Siap Seduh Itu Ternyata Produksi Pesantren Najaahaan

“Selama ini bekerjasama dengan petani kopi dalam rangka meningkatkan ekspor,” ujarnya.

Beni mengungkapkan, upaya untuk mengenalkan kopi Garut ke luar kota dan mancanegara yakni dengan menggelar festival kopi di Kabupaten Garut maupun mengikuti berbagai festival yang diselenggarakan di daerah lain.

Ia berharap kegiatan Festival Kopi Garut 2019 yang akan dilaksanakan pada 7 sampai 8 Desember 2019 dapat mendongkrak penjualan kopi ke berbagai daerah.

Baca Juga:   Disnakkan Garut: Daging Kurban Harus Dibagikan 4 Jam Usai Proses Sembelih

“Nanti di festival kopi akan ada temu bisnis, mudah-mudahan ini membuka peluang pasar,” kata Beni.

Kabupaten Garut yang dikelilingi pegunungan memiliki sentra produksi kopi yang memiliki cita rasa dan keunggulannya masing-masing.

Kopi jenis arabika itu banyak diproduksi di kawasan hutan Kamojang, Gunung Guntur, Papandayan, Karaha Bodas dan sejumlah kawasan hutan lainnya di Garut. (Ant/Fj)

Komentar

Berita Terkait