Wisata

Garut Masuk Enam Besar Kota Kreatif Nasional yang Diinisiasi Kemenparekraf

×

Garut Masuk Enam Besar Kota Kreatif Nasional yang Diinisiasi Kemenparekraf

Sebarkan artikel ini
Kabid Ekraf Disparbud Kabupaten Garut, Aulia Malik, mengikuti acara penetapan Kabupaten Kota Kreatif Indonesia 2024, yang dilaksanakandi Jakarta, Rabu (14/08/2024). (Foto: Dok. Disparbud Garut)

GOSIPGARUT.ID — Setelah melalui seleksi ketat, Kabupaten Garut berhasil masuk enam besar kota kreatif dalam program Pengembangan Kabupaten/Kota (KaTa) Kreatif Indonesia yang diinisiasi oleh Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf).

Kepala Bidang Ekonomi Kreatif Dinas Pariwisata dan Kebudayaan (Disparbud) Kabupaten Garut, Aulia Malik, mengatakan program ini bertujuan menjadikan ekonomi kreatif sebagai pilar utama pembangunan ekonomi nasional.

Kota kreatif bukan sekadar label, melainkan pusat dinamika kreativitas yang mendukung ekosistem kondusif bagi ekonomi kreatif melalui kolaborasi lintas pemangku kepentingan, termasuk pemerintah, komunitas, akademisi, pelaku usaha, dan media.

Baca Juga:   Ombudsman Ungkap 600 Kasus Perumahan Bermasalah, 98 Ada di Garut

Aulia menyampaikan rasa bangga atas pencapaian ini. Menurutnya, dengan terpilihnya Garut sebagai salah satu kota kreatif, diharapkan dapat mengakselerasi pertumbuhan ekonomi daerah dan menciptakan lapangan kerja baru.

“Kota Kreatif adalah kota yang tumbuh dengan tenaga kreativitas berupa ide dan gagasan kreatif. Garut, dengan segala potensinya, siap menjadi pusat pertumbuhan ekonomi kreatif di daerah,” ujar Aulia Malik, Jumat (30/8/2024).

Baca Juga:   Kasus Konfirmasi Covid-19 di Garut Menanjak, Sepekan Terakhir 153 Orang

Ia menilai Kabupaten Garut memiliki potensi besar untuk menjadi pusat ekonomi kreatif. Dengan pengakuan ini, pihaknya berharap dapat mempercepat pertumbuhan ekonomi daerah dan menciptakan lebih banyak lapangan kerja melalui inovasi dan kreativitas.

Inisiatif Pengembangan KaTa ini, lanjut Aulia, sejalan dengan upaya Pemkab Garut untuk menciptakan Garut sebagai kota kreatif yang melibatkan kolaborasi antara Akademisi, Business, Community, Government, dan Media (ABCGM).

Konten berbayar berikut adalah iklan platform Recreativ, Mixadvert, dan MGID. Gosipgarut.id tidak terkait dengan materi konten ini.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *