Berita

BPBD Garut: Gempa Bumi Berkekuatan Magnitudo 6,5 Merusak 67 Rumah di 20 Kecamatan

×

BPBD Garut: Gempa Bumi Berkekuatan Magnitudo 6,5 Merusak 67 Rumah di 20 Kecamatan

Sebarkan artikel ini
Petugas BPBD dan Instansi terkait melakukan pendataan pasca bencana gempa tektoknik berdasarkan laporan dari setiap kecamatan, Minggu (28/4/2024).

GOSIPGARUT.ID — Gempa bumi berkekuatan Magnitudo 6,5 yang mengguncang Kabupaten Garut, pada (27/04/2024) sekitar pukul 23.29 WIB, telah merusak puluhan rumah yang tersebar di 20 kecamatan, dengan tingkat kerusakannya yaitu rusak ringan.

Menurut Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Garut, hingga pukul 11.55 WIB data sementara akibat gempa ini sebanyak 67 unit rumah terdampak tersebar di 20 kecamatan (27 desa 4 kelurahan), dan menyebabkan 4 unit infrastruktur, di antaranya di Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Pameungpeuk.

Sementara korban luka ringan diderita oleh 6 orang, diantaranya 2 orang luka ringan di RSU Pameungpeuk, 1 orang warga Kecamatan Cisompet, 1 orang warga Kecamatan Singajaya. dan 2 orang warga Pameungpeuk.

Baca Juga:   495 Rumah di Samarang dan Pasirwangi Rusak Akibat Gempa Aktivitas Sesar Garsela

Meski tidak berpotensi tsunami, masyarakat diimbau untuk senantiasa waspada dan berhati-hati.

Pj. Bupati Garut mengunjungi warga terdampak bencana gempa tektonik di Kecamatan Cisompet, Minggu (28/4/2024). (Foto: Deni Seftiana)

Informasi terkini, Penjabat Bupati Garut Barnas Adjidin, bersama Wakapolres dan rombongan menuju Posko Bencana Cisompet dan dan sekitarnya. Sedangkan Sekretaris Daerah (Sekda) Nurdin Yana, menuju posko dan lokasi kejadian di Kecamata Cilawu, Garut Kota dan sekitarnya.

Berdasarkan data dari Badan Meteorologi Klimatologi Geofisika (BMKG) pusat gempa berada di laut 151 km barat daya Kabupaten Garut dengan kedalaman 10 kilometer.

Baca Juga:   511 Rumah Rusak Akibat Gempa Sesar Garsela di Garut Diusulkan Dapatkan Bantuan Perbaikan

Guncangan gempa tidak terasa di beberapa wilayah Kabupaten Garut saja, namun berdasarkan informasi juga terasa di Jakarta, Bandung, dan wilayah lain di Jawa Barat. (MAZ)

Konten berbayar berikut adalah iklan platform Mixadvert dan MGID. Gosipgarut.id tidak terkait dengan materi konten ini.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *