Jawa Barat

Ada 69.000 Ton, Bulog Jabar Pastikan Stok Beras Aman hingga Lebaran

×

Ada 69.000 Ton, Bulog Jabar Pastikan Stok Beras Aman hingga Lebaran

Sebarkan artikel ini
ILUSTRASI -- Stok beras di Jawa Barat aman.

GOSIPGARUT.ID — Perum Badan Urusan Logistik (Bulog) Wilayah Jawa Barat memastikan ketersediaan beras mencukupi kebutuhan masyarakat di wilayahnya hingga Hari Raya Idul Fitri 1445 Hijriah.

Pimpinan Perum Bulog Jabar, M Attar Rizal menyebutkan per hari ini stok beras yang dikuasai oleh Bulog Jabar mencapai 69.000 ton dan cukup aman untuk kebutuhan hingga Lebaran.

“Stok tersebut masih mencukupi hingga beberapa bulan ke depan, yang penggunaannya untuk kegiatan penyaluran beras SPHP di pasar tradisional maupun ritel modern, serta untuk kegiatan gerakan pangan murah, dan penyaluran bantuan pangan,” kata dia, Kamis (28/3/2024).

Baca Juga:   Wagub Jabar Luncurkan Rintisan Usaha Petani Milenial Bidang Perkebunan di Garut

Attar merinci stok sebanyak 69.000 ton tersebut terdiri dari stok Cadangan Beras Pemerintah (CBP) sebanyak 24.300 ton stok dalam proses bongkar muatan 5.600 ton, dan stok dalam perjalanan 39.100 ton.

Adapun, lanjut dia, selain dari stok yang tersedia tersebut Bulog Jabar juga akan mengoptimalkan pengadaan beras dari dalam negeri, pada masa panen nanti.

Baca Juga:   Bupati Garut Lantik Pejabat Eselon: Semuanya Hasil Seleksi Ketat

Untuk wilayah Jawa Barat, masa panen diperkirakan akan terjadi pada April hingga Mei nanti.

“Masa panen ini mundur karena kekeringan dampak El Nino. Tapi, dengan memasuki masa panen nanti, dipastikan stok kita akan terus bertambah,” ujar Attar.

Selain itu, ia mengatakan Bulog Jabar saat ini terus melakukan stabilisasi harga kebutuhan pokok menjelang Lebaran melalui Program Bulog Siaga (akSI Amankan harGA) sepanjang Ramadhan guna mengatasi kenaikan berbagai harga komoditas saat ini.

Baca Juga:   Pemprov Jabar Targetkan Merevitalisasi 25 Pasar Tradisional, Salah Satunya di Cisewu Garut

“Program Bulog Siaga dilakukan di Kantor Bulog Wilayah Jawa Barat, dan akan terus dilakukan sampai menjelang Lebaran nanti,” tutur Attar.

Konten berbayar berikut adalah iklan platform Mixadvert dan MGID. Gosipgarut.id tidak terkait dengan materi konten ini.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *