Berita

Satpol PP Garut Berhasil Ungkap Peredaran Rokok Ilegal Terbesar, Kerugian Negara Capai Rp1,7 Miliar

×

Satpol PP Garut Berhasil Ungkap Peredaran Rokok Ilegal Terbesar, Kerugian Negara Capai Rp1,7 Miliar

Sebarkan artikel ini
Berbagai jenis rokok ilegal. (Foto: Yan AS)

GOSIPGARUT.ID — Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) Kabupaten Garut bersama Bea Cukai melakukan pemberantasan besar-besaran terhadap peredaran rokok ilegal dan minuman keras (miras) di wilayahnya. Dalam operasi yang dilaksanakan pada Selasa (16/01/2024) dinihari, mereka berhasil mengamankan 1,6 juta batang rokok ilegal di sebuah gudang di Kabupaten Garut.

Kepala Satpol PP Garut, Basuki Eko mengungkapkan, keberhasilan itu adalah hasil dari operasi intelijen yang dinamai Pulinfo (pengumpulan informasi) atau intelijen, di mana hasil operasi ini ditaksir kerugian negara hampur Rp1,7 miliar.

“Berdasarkan informasi tersebut kita kuntit hampir 2 hari, baru kita temukan gudangnya kemarin pada pukul 2.15 pagi. Kita berhasil membongkar gudang tersebut dan berhasil mengamankan,” ujarnya, Rabu (17/01/2024).

Baca Juga:   Resahkan Warga, Puluhan Anak Punk di Garut Diamankan Satpol PP

Sejak menjabat, Eko bersama Tim Kantor Pengawasan dan Pelayanan Bea Cukai (KPPBC) Tipe Madya Pabean C Tasikmalaya telah mengamankan sekitar 5 juta batang rokok. Hal ini jauh melebihi target tahunan Bea Cukai yang hanya 500 ribu batang.

“Jadi Alhamdulillah Garut itu memang kalau untuk segi temuan-temuan kita selalu banyak. Contohnya untuk rokok ilegal kalau di daerah lain itu jarang mencapai 200 ribu, bahkan rekor Indonesia itu pernah dipegang oleh teman kita dari Bekasi katanya 600 ribu. Garut bisa mendapatkan dulu 1,7 (juta batang rokok ilegal),” ucapnya.

Baca Juga:   Resahkan Masyarakat, Polres Garut Bubarkan Kelompok Bermotor "Jack House"

Meski demikian, lanjut Eko, hal ini tidak hanya sebagai keberhasilan menjadi suatu keprihatinan, ternyata di Garut peredarannya cukup masif. Menurutnya, di daerah lain tidak berarti tidak ada, hanya pengungkapannya kemungkinan tidak sekencang di Garut.

Konten berbayar berikut adalah iklan platform Mixadvert dan MGID. Gosipgarut.id tidak terkait dengan materi konten ini.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *