Berita

Dinas PUPR Garut Langsung Bangun Jembatan Darurat di Jalur Pangatikan — Sukawening

×

Dinas PUPR Garut Langsung Bangun Jembatan Darurat di Jalur Pangatikan — Sukawening

Sebarkan artikel ini
Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) Kabupaten Garut langsung membangun jembatan darurat atau jembatan bailey pasca putusnya jembatan di Pangatikan. (Foto: Zainul Mukhtar)

GOSIPGARUT.ID — Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) Kabupaten Garut langsung membangun jembatan darurat atau jembatan bailey pasca putusnya jembatan di Pangatikan.

Sepert diketahui, jembatan penghubung antar desa di Kecamatan Pangatikan dan Sukawening Kabupaten Garut ambrol beberapa waktu lalu. Akibatnya akses warga terputus, dan solusinya pembangunan jembatan bailey.

Pengerjaan jembatan bailey dikebut siang malam. Kini, jembatan melintang di atas sungai Cibeureum itu pun sudah bisa dipergunakan dan dilalui kendaraan lagi. Baik roda empat maupun roda dua.

Baca Juga:   Dinas PUPR Garut Akan Tangani 180 Ruas Jalan Sepanjang 262 Kilometer di Tahun 2023

“Jembatan bailey di Pangatikan sudah beres dibangun dan sudah bisa dipergunakan warga,” kata Kepala Dinas PUPR Garut Luna Avriantini, Minggu 20 Maret 2022.

Menurutnya, pada Kamis (17/03/2022) lalu, jembatan Cibeureum tidak dapat dipergunakan atau dilewati kendaraan karena abutmen yang ke arah Kecamatan Sukawening sebagiannya ambruk. Jika dipaksakan dilewati kendaraan maka dikhawatirkan terjadi kerusakan lebih parah yang mengakibatkan terjadi bencana.

Baca Juga:   Butuh Informasi Terkait Tata Ruang? Dinas PUPR Garut Luncurkan Aplikasi Sitarung

Berdasarkan hasil rapat koordinasi dengan Forum Koordinator Pimpinan Kecamatan (Forkopimcam) Pangatikan disepakati di jembatan tersebut akan dipasang jembatan bailey. Dinas PUPR melakukan persiapan pembuatan jembatan darurat dengan menggunakan bailey, berkoordinasi dengan Unit Pelaksana Teknis (UPT) peralatan. Tenaga kerja dan bahan dibantu pihak desa setempat, Desa Babakanloa, Sukarasa, dan Desa Cimaragas.

Baca Juga:   Terancam Ambruk karena Pergerakan Tanah, Kantor Desa Panggalih Bakal Direlokasi

Camat Pangatikan Asep Harsono sebelumnya menyebutkan, dari hasil rapat koordinasi dengan Forkopimcam disepakati jembatan bailey dibuatkan pada malam pasca kejadian rubuhnya sebagian abutmen jembatan. Sehingga diharapkan secepatnya jembatan dapat dipergunakan lagi untuk kebutuhan transportasi warga dari Sukawening ke Karangtengah dan Pangatikan.

Konten berbayar berikut adalah iklan platform Mixadvert dan MGID. Gosipgarut.id tidak terkait dengan materi konten ini.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *