oleh

Sebuah Kabar Baik, Perpustakaan Umum Garut Kembali Dibuka untuk Dikunjungi

GOSIPGARUT.ID — Kabar baik bagi warga Kabupaten Garut, terutama pelajar dan mahasiswa yang saat ini membutuhkan referensi dan ingin membaca buku. Pasalnya, saat ini Perpustakaan Pemkab Garut sudah kembali dibuka untuk umum dan menerima kunjungan bagi yang membutuhkan beragam buku bacaan.

Sebelumnya, kunjungan ke perpustakaan umum milik Pemkab Garut itu sempat ditutup karena pandemi Covid-19. Namun, setelah Kabupaten Garut masuk PPKM Level 2, pengunjung bisa kembali datang ke perpustakaan tersebut untuk membaca dan meminjam buku. Tentunya dengan syarat menjalankan protokol kesehatan secara ketat.

Baca Juga:   E-Voting, Cara SMKN 1 Garut Tanamkan Nilai Demokrasi pada Siswa

“Jumlah pengunjung pun dibatasi 50 persen, juga waktu membaca di tempat hanya diperbolehkan satu jam saja,” kata Kepala Dinas Perpustakaan dan Arsip Daerah (Dispusip) Kabupaten Garut, Dra Lisnawati, M. Si, Selasa (7/9/2021).

Menurut dia, koleksi buku-buku di Perpustakaan Umum Kabupaten Garut cukup lengkap sehingga bisa membantu masyarakat yang membutuhkan referensi buku secara gratis.

“Sejak pandemi bukan hanya pelayanan di perpustakaan yang ditutup namun mobil keliling perpustakaan juga dihentikan sementara, sehingga kini saat dibuka masyarakat merasa antusias dan senang,” jelas Lisnawati.

Baca Juga:   Dukung Guru Gelar Pembelajaran Daring, SDN 1 Cisewu Pasang Wifi Internet

Ia menuturkan, salah satu focus Pemkab Garut adalah peningkatan dan penguatan literasi. Untuk itu, perpustakaan umum yang dikelolanya berperan sangat penting dalam meningkatkan kualitas SDM Kabupaten Garut.

Lisnawati juga mengatakan, kehadiran perpustakaan sangat dinanti dan dibutuhkan oleh masyarakat untuk menambah ilmu dan wawasan, meningkatkan kualitas hidup, mengentaskan kemiskinan, serta meningkatkan indek pembangunan manusia (IPM).

“Kami terus berupaya bagaimana caranya agar perpustakaan ini menjadi tempat yang nyaman untuk menimba ilmu selain di sekolah atau kampus. Juga buku-buku yang dibutuhkan tersedia secara lengkap,” katanya.

Baca Juga:   Teater Saduga SMKN 2 Garut Unjuk Kabisa di Bandung International Arts Festival 2019

Salah seorang pengunjung Perpustakaan Umum Garut asal Kecamatan Tarogong Kidul, Icha, mengaku senang perpustakaan umum dibuka kembali.

“Saya senang perpustakaan dibuka kembali dengan penerapan prokes. Buku-buku di sini sangat lengkap dan ditata secara teratur sesuai dengan jenisnya. Jadi tidak susah mencarinya. Yang lebih nyaman lagi gedungnya bersih dan indah,” ungkap mahasiswa STH Garut tersebut. (Respati)

Komentar

Berita Terkait