oleh

Untuk Benahi Wisata Pantai Santolo, Pemkab Garut Usulkan Anggaran Rp20 Miliar

GOSIPGARUT.ID — Pemkab Garut mengusulkan anggaran sebesar Rp20 miliar ke Pemerintah Provinsi Jawa Barat untuk membenahi kawasan objek wisata Pantai Santolo di Kecamatan Cikelet, Kabupaten Garut, agar lebih nyaman dan indah.

“Ada biaya yang dibutuhkan berapa untuk membangun Pantai Santolo itu, kita usulkan sekitar Rp20 miliar,” kata Sekretaris Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kabupaten Garut Mamun, Kamis (1/4/2021).

Ia menuturkan, Pemkab Garut telah melakukan rencana membangun kawasan objek wisata Pantai Santolo agar lebih baik sehingga membuat pengunjung lebih nyaman dan aman.

Rencana pembangunan itu, kata Mamun, sudah dibahas bersama dengan TNI Angkatan Udara yang memiliki aset di wilayah itu dan sudah mendapatkan dukungan dari Pemerintah Provinsi Jabar.

Baca Juga:   Seperti di Garut, Pemprov Jabar Akan Siapkan Bus dari Stasiun Banjar ke Pangandaran

Pemkab Garut, lanjut dia, telah membuat perencanaan pembangunan termasuk mengusulkan anggaran kepada pemerintah provinsi untuk mendukung program pengembangan wisata tersebut.

“Kita yang mengusulkan, mereka (provinsi) yang memverifikasi, mereka juga akan membuat perencanaan DED (detail engineering design),” kata Mamun.

Ia menjelaskan, anggaran yang diusulkan itu untuk pengembangan daya tarik, fasilitas pendukung pariwisata seperti sentra kuliner, lahan parkir, dan ruang terbuka hijau, termasuk tempat untuk melihat pemandangan pantai.

Baca Juga:   Pantai Rancabuaya Mulai Dikenal Luas Sejak Penayangan Film "Perahu Kertas"

Menurut Mamun pengembangan wisata di Pantai Santolo itu sesuai dengan program yang dicanangkan Gubernur Ridwan Kamil untuk menjadikan pariwisata sebagai penggerak pembangunan daerah.

Program itu, lanjut dia, tentu didukung dengan ketersediaan anggaran, untuk itu menjadi kesempatan Pemkab Garut mengusulkan anggaran dalam pengembangan wisata di Pantai Santolo.

“Pak Ridwan Kamil itu menjadikan pariwisata sebagai lokomotif pembangunan di Jawa Barat,” kata Mamun. (Ant)

Baca Juga:   Selama PSBB, Kawasan Wisata Pantai di Garut Selatan Ditutup Total

Komentar

Berita Terkait