oleh

Ada EWS di Pantai Santolo, Saat Ini Masih Aman untuk Dikunjungi

GOSIPGARUT.ID — Di Pantai Santolo Kabupaten Garut terdapat Early Warning System (EWS) atau sistem peringatan dini tsunami. Untuk itu masyarakat dan pengunjung diharapkan tidak resah dan tetap tenang menanggapi kajian potensi tsunami di laut selatan Jawa.

“Kalau Santolo itu sudah ada (EWS) dari pihak LAPAN, dari pemerintah khusus untuk peringatan dini tsunami itu sudah terpasang alatnya. Kami setiap hari juga mendapatkan informasi (antariksa dan kebumian-red) dari LAPAN ini,” Ketua Life Guard UPT Pantai Santolo Dinas Pariwisata dan Kebudayaan (Disparbud) Kabupaten Garut, Dede Rustandi.

Ia mengakui bahwa adanya kajian potensi tsunami di laut selatan Jawa yang menghebohkan masyarakat beberapa waktu lalu berimbas terhadap menurunnya angka kunjungan wisatawan ke Pantai Santolo.

Padahal, lanjut Dede, sejauh ini tidak ada perubahan drastis di Santolo, baik itu dari tinggi permukaan air hingga tanda-tanda lain terkait terjadinya tsunami.

“(Kajian potensi tsunami) ada efeknya, jadi untuk wisatawan yang mau berkunjung ke pantai Sontolo khususnya, umumnya ke Garut Selatan itu agak berkurang. Padahal di Pantai Santolo ini alhamdulillah tidak ada reaksi atau bentuk air permukaan naik, air laut tenang dan aman untuk dikunjungi,” jelasnya.

Baca Juga:   Aktivitas Gunung Papandayan Normal Meski Tangkuban Perahu Erupsi

Dede pun menegaskan bahwa sejauh ini Pantai Santolo masih aman untuk dikunjungi. Yang terpenting,pengunjung wajib menerapkan protokol kesehatan.

“Aman-aman saja bagi wisatawan untuk datang ke Garut karena keadaan laut normal. Dari kami mewajibkan protokol kesehatan 3M,” kata dia. (PRFM)

Komentar

Berita Terkait