oleh

51 Ribu UKM di Garut Terima BPUM Tahap Satu, Berapa untuk Tahap Dua?

GOSIPGARUT.ID — Sebanyak 51 ribu pelaku Usaha Kecil Mikro (UKM) di Kabupaten Garut, menerima Bantuan Produktif Usaha Mikro (BPUM) tahap ke 1 (periode Agustus-September 2020) sebesar Rp2,4 juta per orang. Bantuan tersebut disalurkan langsung melalui rekening penerima di bank penyalur.

Kasi Promosi dan Kemitraan Usaha Koperasi dan Usaha Kecil Mikro pada Dinas Koperasi dan UKM Kabupaten Garut, Yadi Arriyadi, menjelaskan, jumlah UKM yang diusulkan untuk mendapatkan BPUM sebenarnya mencapai 150 ribu. Dari jumlah tersebut, sebanyak 133 ribu calon penerima BPUM berhasil diverifikasi di Dinas Koperasi Dan UKM Provinsi Jawa Barat.

“Dari jumlah calon penerima yang diverifikasi, maka sebanyak 51 ribu berhasil menerima BPUM tahap 1 sebesar Rp2,4 juta per orang. Sedangkan usulan untuk tahap kedua saat ini tengah berlangsung, dan akan ditutup pada tanggal 27 November 2020,” kata Yadi Kamis (18/11/2020).

Menurutnya, untuk usulan tahap kedua masih belum diketahui jumlah yang akan diusulkan karena hingga hari ini masyarakat terus berdatangan untuk diusulkan menjadi calon penerima BPUM.

Baca Juga:   Peserta Seleksi CPNS dari Garut Sedang Hamil Partus, Panitia Siagakan Ambulans

“Program BPUM diberikan satu kali kepada pelaku usaha mikro untuk menjalankan usaha di tengah krisis akibat pandemi Covid-19 dalam rangka program PEN (Pemulihan Ekonomi Nasional),” jelas Yadi.

Ia menambahkan, program BPUM adalah program Kementerian Koperasi dan UKM. Namun lembaga pengusul bantuan terdiri dari Bank Himbara, PNM, dan Dinas Koperasi dan UKM.

Baca Juga:   Zona Merah di Jawa Barat Turun dari 8 menjadi 2 Daerah, Garut Oranye

“Jadi untuk jumlah penerima BPUM di Kabupaten Garut, Dinas Koperasi dan UKM tidak memiliki data pasti karena yang menyalurkan adalah bank penyalur yaitu BRI dan BNI,” kata Yadi. (Respati)

Komentar

Berita Terkait