oleh

Soleh Gunawan, Mantan Pegawai Humas Pemkab Garut yang Jago Pingpong

GOSIPGARUT.ID — Soleh Gunawan (75), bagi generasi seusianya di lingkungan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Garut mungkin banyak yang mengenal. Terakhir ia bekerja sebagai staff Bagian Humas di Setwilda (sekarang Setda) Kabupaten Garut.

Saat ditemui di rumah tinggalnya, ia masih terlihat sehat, tatapan matanya pun masih tajam, termasuk daya ingatnya masih tajam.

Tinggal di Gang Sumbersari, Kelurahan Ciwalen, Kecamatan Garut Kota, sejak aktif menjadi PNS, ia bersama istrinya, Eha (72) membuka usaha bubur ayam hingga saat ini.

Di ruang tengahnya, deretan komputer berjejer rapih. Bersama anaknya, memang ia membuka jasa warnet. Tidak heran setiap hari rumahnya kerap dipenuhi anak-anak memanfaatkan jasa warnetnya.

Baca Juga:   Pria Asal Garut Ini Berkata: Susahnya Jadi Menkop Berlatar Pegiat Antikorupsi

Saat ditemui Minggu (21/06/2020), Abah Oleh, demikian masyarakat sekitar memanggil, masih setia dengan rokok yang dihisapnya sejak masih aktif sebagai PNS. “Beginilah sehari-hari saya, jarang kemana-mana, paling melatih olahraga tenis meja,” katanya mengawali obrolan pagi itu.

Soleh Gunawan, memang orang yang terbilang beruntung di masanya. Betapa tidak, saat itu untuk menjadi PNS terhitung amat mudah, bahkan profesi ini kerap ditawarkan. Soleh menceritakan, dirinya masuk pemda karena beruntung memiliki prestasi olahraga, yaitu tenis meja. Ditempatkan sebagai juru tik di Kantor Bagian Humas Setwilda Kabupaten Garut.

Baca Juga:   Berliana, Putri Dosen Uniga Wakili Garut di FLS2N SD Jawa Barat

Soleh juga menceritakan kembali kenangannya selama ia bertugas, di luar kegiatan rutinnya kerap mandampingi pimpinan dalam kegiatan olahraga, termasuk Bupati H. Taufik yang saat itu gemar olahraga bola tangan.

Kini juru tik dan jago pingpong itu sudah purna bakti 20 tahun yang lalu. Di usianya yang lanjut, masih terlihat bugar, dan tetap ceria, meski rambut dan kumisnya kian memutih.

Baca Juga:   Perempuan Garut Ini Berperan Bangun Bangsa Melalui Politik

Resep kebugarannya karena ia disibukkan dengan kegiatan di rumahnya dengan membantu istrinya berjualan bubur super enak. Ia juga disibukkan melatih olahraga tenis meja setiap Selasa, Kamis, dan Sabtu, dibawah naungan Klub Rajawali. (Yan AS)

Komentar