Tokoh

Mengenal Perintis Toko Optik A Kasoem yang Kelahiran Garut Itu

×

Mengenal Perintis Toko Optik A Kasoem yang Kelahiran Garut Itu

Sebarkan artikel ini
Atjoem Kasoem (Alm).

GOSIPGARUT.ID — Pernah dengar nama Atjoem Kasoem lebih populernya A Kasoem? Nah jika Anda pernah dengar maka itu identik dengan kaca mata atau toko optik A Kasoem.

Kesuksesan Toko Optik A Kasoem yang melegenda diawali dari perjuangan sang pendirinya, yaitu Atjoem Kasoem atau A Kasoem.

Atjoem Kasoem lahir di Desa Bojong, Kecamatan Kadungora, Kabupaten Garut, 9 Januari 1917, dari keluarga petani yang sederhana. Pendidikan yang ditempuh pun hanya sampai Taman Dewasa Perguruan Taman Siswa.

Baca Juga:   Vicky Safra, Janda Terkaya Sejagat Mantan Istri Bankir, Berusia 68 Tahun

Keterbatasan ekonomi tak membuatnya patah semangat, sebaliknya membuatnya tabah menjalani hidup. Setelah tamat sekolah, Kasoem bekerja di sebuah toko kacamata milik pria berkebangsaan Jerman bernama Kurt Schlosser yang berada di Jalan Braga, Bandung.

Dari sang majikanlah, Kasoem banyak belajar tentang seluk beluk bisnis kacamata. Kemudian dia mulai merintis usahanya dengan cara keliling dari pintu ke pintu menggunakan sepeda untuk menjajakan kacamata dagangannya.

Baca Juga:   Hj. Intania Agus Hamdani Nyatakan Siap Lanjutkan Perjuangan Almarhum Suaminya di Parlemen

Akhirnya, setelah beberapa tahun, kerja keras dan kesungguhannya berbuah manis. Kasoem berhasil membuka toko kacamata sendiri di Jalan Pungkur. Ini merupakan toko kacamata pertama yang dibuka oleh orang pribumi.

Kasoem merupakan orang pribumi pertama yang merintis usaha toko kacamata di Indonesia. Usaha yang dirintisnya sejak tahun 1930-an itu kemudian berkembang dengan berbagai merek, seperti A Kasoem, Lily Kasoem, dan Cobra.

Baca Juga:   Kisah Sedih Kades Tasmana Tanggulangi Stunting di Karangsewu

Bisnis kacamatanya perlahan-lahan berkembang dan berhasil melakukan ekspansi cabang ke sejumlah kota besar di Indonesia seperti Solo, Yogyakarta, sampai ibukota Jakarta. Kasoem pun menikah dengan wanita yang bernama Koemaini Sierad dan memiliki 8 anak.

Konten berbayar berikut adalah iklan platform Mixadvert dan MGID. Gosipgarut.id tidak terkait dengan materi konten ini.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *