oleh

Datangi Rumah Warga, Kades Garumukti Salurkan BLTDD dan Paket Sembako

GOSIPGARUT.ID — Kepala Desa Garumukti, Kecamatan Pamulihan, Kabupaten Garut, menyalurkan bantuan langsung tunai (BLT) dari Dana Desa (DD) dan paket sembako kepada warga terdampak Covid-19.

Agus, warga Kampung Barukalapa Desa Garumukti, nampak kaget dan terharu saat didatangi Kepala Desa Ede Sukmana dan Forkopimcam Pamulihan untuk memberikan BLT dan paket sembako bantuan donatur, Senin (18/5/2020).

Ia mengaku, selama ini ia tidak pernah mendapat bantuan sosial apapun dari pemerintah pusat dan Provinsi Jawa Barat, sedangkan Agus memiliki seorang anak yang berkebutuhan khusus sehingga harus bolak-balik ke rumah sakit.

“Saya bangga dan terharu atas perhatian dan kedatangan bapak/ibu ke sini. Semoga amanah yang telah dijalankan kepada masyarakat mendapat balasan berlipat dari Alloh SWT,” ucapnya, saat menerima dana tunai Rp600 ribu dan paket sembako.

Baca Juga:   Unik, TPS di Garut Dibangun Seperti Acara Pernikahan

Kepala Desa Garumukti, Ede Sukmana mengatakan, Agus menjadi prioritas penerima BLTDD karena tidak mendapat bantuan apapun dan selama ini memiliki anggota keluarga yang sakit.

Selain menyalurkan BLT, Kades Garumukti juga menyalurkan 1000 paket sembako berupa sirup, gula pasir, tepung terigu, dan minyak sayur. Ada juga cairan disinfektan untuk sterilisasi lingkungan dalam rangka pencegahan penularan Covid-19.

Bantuan 1000 paket sembako tersebut, jelas Ede, dananya berasal dari kepedulian pihak perusahaan PLTMH (Pembangkit Listrik Tenaga Mikro Hidro) Bahtera dan swadaya Desa Garumukti.

Baca Juga:   ASN Garut yang Masuk Kerja di Hari Pertama Setelah Lebaran Tercatat 98 Persen

Tujuannya, agar seluruh masyarakat di Desa Garumukti yang saat ini terdampak pandemi Covid-19 dapat menyambut Idul Fitri dengan tenang karena terbantu pemenuhan kebutuhannya.

“Kita berharap semua masyarakat menikmati dan bergembira menyambut kedatangan Idul Fitri dengan suka cita. Jadi bantuan yang bersumber dari Dana Desa dan bantuan perusahaan secepatnya kita salurkan kepada yang berhak menerimanya,” papar Ede.

Sesuai hasil musyawarah yang dihadiri seluruh perangkat RT, RW, tokoh masyarakat, BPD, dan MUI, juga dihadiri Babinsa dan Babinkamtibmas, akhirnya di Desa Garumukti dapat disalurkan BLT kepada 243 kepala keluarga (KK) yang dananya diambil dari Dana Desa tahun 2020.

Baca Juga:   Mungkin Ini Sejumlah Alasan Gita KDI Nekat Gugat Cerai Suaminya

Camat Pamulihan, Abuy Supriatna, mengapresiasi kinerja Kepala Desa Garumukti yang dapat merealisasikan penyaluran BLT tepat waktu dan sesuai hasil musyawarah.

Dijelaskannya, posisi kepala desa saat ini sungguh dilematis, karena harus mengambil kebijakan strategis namun beresiko. Ia berhadapan dengan kondisi masyarakat yang rawan konflik dan kecemburuan.

“Kita bersyukur Kepala Desa Garumukti dapat merealisasikan BLT tepat waktu bagi masyarakat. Kami (Forkopimcam) sangat mengapresiasi dan berterimakasih kepada pihak perusahaan PLTMH Bahtera yang peduli dengan membantu memberikan paket sembako untuk masyarakat sehingga dapat terbantu pemenuhan kebutuhannya,” ujar Abuy. (Respati)

Komentar

Berita Terkait