oleh

Pemekaran Garut Selatan Selangkah Lagi: Menunggu Pencabutan Moratorium

GOSIPGARUT.ID — Rancangan pemekaran daerah otonomi baru (DOB) Garut Selatan dinilai sudah rampung. Saat ini pelbagai pihak di Garut sedang menunggu dicabutnya moratorium terkait pemekaran oleh pemerintah pusat. 

Wakil Ketua DPRD Kabupaten Garut, Enan, mengaku masih menunggu pencabutan moratorium dari Pusat. “Kita sudah melakukan paripurna terkait hal ini. Persiapan untuk pemekaran (DOB Garut Selatan) sudah siap. Tinggal menunggu dari pusat yaitu pencabutan moratorium,” katanya, Sabtu (18/1/2020).

Baca Juga:   141 Desa di Garut Selatan Setuju DOB, Tapi 10 Desa Menolak Bergabung

Menurut politisi Partai Gerindra ini, pemekaran DOB Garut Selatan sudah menjadi agenda lama yang tertunda dan kini sudah selesai dibahas di tingkat eksekutif maupun legislatif. 

Hasilnya, lanjut Enan, baik eksekutif maupun legislatif menyepakati 15 kecamatan masuk DOB Garut Selatan. Sementara itu, untuk Garut bagian utara, pihaknya telah menerima masukan dari para tokoh dan masyarakat di sana yang mengharapkan agar ada percepatan dari segi pembangunan. 

Baca Juga:   Wagub Jabar Apresiasi Kreativitas Pemuda Cisewu Pembuat Mesin Pencacah Sampah

“Kalau yang Garut Utara audiensi kemarin (beberapa waktu lalu) intinya bukan untuk memisahkan, tapi ada percepatan pembangunan di sana. Dan kami lebih cenderung perubahan status, Garut Utara jadi Kabupaten dan Garut jadi kota madya,” ujar dia. (Gun)

Komentar

Berita Terkait