oleh

Di Banyuresmi Garut, TNI Bangun Jalan Sepanjang 150 Meter

GOSIPGARUT.ID — TNI Angkatan Darat (AD) memberikan bantuan pembangunan infrastruktur jalan di Desa Sukasenang, Kecamatan Banyuresmi, Kabupaten Garut, sepanjang 150 meter untuk memudahkan masyarakat melakukan aktivitas sehari-hari.

“Program bantuan ini diharapkan bisa membantu mempermudah akses jalan warga untuk melakukan aktivitasnya,” kata Komandan Komando Rayon Militer (Danramil) Banyuresmi, Kapten Inf H Saripin, Jumat (4/1/2019).

Ia menuturkan, program pembangunan jalan itu bantuan dari Kodam III Siliwangi kerjasama dengan Pemerintah Kabupaten Garut melalui program TNI Bhakti Siliwangi Manunggal Satata Sariksa (BSMSS) 2018.

Baca Juga:   Puluhan Rumah di Jabar Rusak Akibat Gempa Banten, di Garut Juga Ada

Program bantuan itu, lanjut Saripin, akhirnya terpilih untuk pembangunan jalan desa yang menghubungkan Kampung Cikarokrok dengan Kampung Tegalkalapa dengan lebar jalan 3 meter dan ketebalan beton jalan 12 sentimeter.

“Kami dari jajaran Koramil mendapatkan perintah dari Pangdam untuk melaksanakan program BSMSS di Desa Sukasenang ini,” ujarnya.

Saripin menambahkan, pembangunan jalan itu dikerjakan prajurit TNI dari jajaran Kodim 0611 Garut dan Koramil Banyuresmi, dibantu masyarakat setempat secara gotong royong.

Baca Juga:   Kampung Nyalindung di Garut Dijuluki "Kampung Bacang", Ini Alasannya

Bantuan yang diberikan TNI, kata dia bukan berupa uang, tetapi bantuan materialnya sehingga jajaran TNI dan masyarakat dengan mudah langsung mengerjakan pembangunan jalan desa tersebut.

Saripin mengungkapkan, program BSMSS tersebut hampir sama dengan program TNI lainnya yakni Tentara Manunggal Masuk Desa (TMMD), namun bedanya dari besaran anggaran yang disediakan lebih besar TMMD.

Ia mengemukakan, program tersebut tidak hanya membangun jalan, tetapi ada pengerjaan pembangunan Tembok Penahan Tanah (TPT) sepanjang 20 meter dan pembuatan gorong-gorong sepanjang 4 meter.

Baca Juga:   Lebaran 2019, Permintaan Gas 3Kg di Garut Meningkat 12 Persen

“Kami berharap pembangunan jalan ini dapat menjadi kebanggaan warga,” kata Saripin.

Kepala Desa Sukasenang, Iwan Ridwan menyampaikan terima kasih kepada jajaran TNI yang telah menyalurkan bantuan programnya kepada masyarakat Desa Sukasenang.

Menurut dia, program tersebut sangat diharapkan warga agar dapat melakukan aktivitas dengan mudah dan lebih produktif. “Bantuan ini sangat besar manfaatnya, transportasi warga sekarang lebih mudah,” katanya. (Ant/Gun)

Komentar

Berita Terkait