oleh

Akan Dikembangkan Hutan Wisata di Kawasan Cipanas Garut

GOSIPGARUT.ID — Sebuah perusahaan swasta (CV Wulandari) telah merencanakan program pengelolaan objek wisata Cipanas Indah milik Pemerintah Kabupaten Garut dengan mengembangkan konsep wisata hutan di kawasan Cipanas Garut agar memiliki daya tarik berbeda dibandingkan wisata serupa lainnya di kawasan itu.

“Kawasan hutan secara konsep nanti akan dijadikan wisata alam, yang nantinya akan menjadi penambahan daya tarik Cipanas Indah,” kata General Manajer CV Wulandari, Yudi Kartawijaya.

Didampingi Pemilik CV Wulandari Dedah Jubaedah, mengatakan, Cipanas Indah memiliki kawasan hutan yang tidak dimiliki oleh tempat wisata pemandian air panas maupun hotel di kawasan Cipanas Garut.

Baca Juga:   Momentum Libur Tahun Baru, Pemkab Garut Izinkan Tarif Hotel Naik

Hutan yang berada di bukit belakang kolam renang Cipanas Indah itu, kata Yudi, akan tetap dijaga keasrian lingkungannya, seperti pohon tua, dan jenis tanaman lainnya termasuk keberadaan batu alamnya.

“Nanti akan ada edukasi masalah bebatuan, saya sudah ketemu dengan ahli geologi untuk membuat edukasi terkait dengan bebatuan, dan hutan,” katanya.

Yudi menjelaskan, areal Cipanas Indah yang dimiliki pemerintah daerah itu sepenuhnya akan dikelola dan ditata oleh CV Wulandari agar keberadaan wisata tersebut memiliki daya tarik, sehingga memberikan keuntungan untuk Pendapatan Asli Daerah (PAD) Garut.

Baca Juga:   Mesti Diwaspadai, Jalur ke Objek Wisata Darajat Miliki Lintasan Berbahaya

Ia mengungkapkan tahapan yang sedang dilakukan CV Wulandari yakni membangun hotel dan kolam renang air panas agar lebih nyaman, dan menarik bagi wisatawan. Selain itu, lanjut dia, akan dibangun sarana dan prasarana yang menarik untuk wisatawan seperti permainan outbond, dan jalur untuk jalan kaki menelusuri hutan Cipanas Indah yang berada tidak jauh dari kaki Gunung Guntur.

Baca Juga:   Kolam Ombak Buatan Jadi Primadona Wisatawan yang Datangi Garut

“Nanti juga akan ada edukasi terkait mitigasi bencana, karena kita memang berada di kaki Gunung Guntur, berikut dijelaskan tentang gunung aktif,” ujar Yudi.

Sementara itu, Cipanas Indah sebelumnya dikelola oleh Pemerintah Kabupaten Garut melalui Dinas Kebudayaan dan Pariwisata, selanjutnya diserahkan pengelolaannya kepada pihak swasta agar memberikan keuntungan yang lebih besar untuk PAD Garut.

Pengelolaan oleh swasta itu dikontrak selama 30 tahun, setelah itu seluruh aset yang telah dibangun akan menjadi milik Pemerintah Kabupaten Garut. (Ant/Gun)

Komentar