oleh

Forum Garut Sehat Sangat Bahagia Dapatkan Penghargaan Swasti Saba Wistara

GOSIPGARUT.ID — Garut kembali menoreh penghargaan nasional kategori Kabupaten Sehat untuk kategori lima tatanan kawasan sehat Swasti Saba Wistara. Penghargaan tersebut akan diserahkan Menteri Dalam Negeri dan Menteri Kesehatan pada 19 Nopember 2019 di Jakarta.

Menurut Sekretaris Umum Forum Garut Sehat, Zakki Resmana Saleh, SH, MH, penghargaan akan diterima langsung Bupati Garut Rudy Gunawan didampingi Ketua Forum Garut Sehat Hj Nina Herlina. Ia menyatakan berbahagia dengan penghargaan tingkat nasional yang akan diterima Kabupaten Garut itu.

“Kami mengucapkan selamata atas prestasi tertinggi bidang penilaian kabupaten/kota sehat se-Indonesia untuk yang ketiga kalinya. Ini dicapai berkat kerjasama semua pihak, mulai Team Pembina Kabupaten Sehat Forum Kabupaten Garut Sehat, para SKPD titik pantau, para camat, forum kecamatan, dan pengelola tatanan sehat,” ujarnya, Minggu (17/11/2019).

Zakki mengatakan, dalam rapat internal pengurus Forum Garut Sehat sebelumnya disepakati bahwa untuk mempertahankan Swasti Saba Wistara pasca mendapatkan anugerah Wistara, maka diusulkan penambahan satu tatanan yaitu kawasan kehidupan sosial yang sehat untuk kategori wistara enam tatanan karena wistara merupakan penghargaan tertinggi untuk indikator kabupaten sehat.

Baca Juga:   Diagnosis Dini, Cara Terbaik Kenali Kanker Darah

“Pengertian ‘Swasti Saba’ yaitu kawasan (kabupaten/kota) yang sejahtera,” tandas dia.

Adapun katagori “Wistara” yang berarti “Pengembangan”, lanjut Zakki, yaitu konsep hidup sehat dan sejahtera telah berkembang dan membudaya di masyarakat. “Kita harus menyiapkan semua titik pantau baru enam tatanan di tahun 2020,” ujarnya. ***

Komentar

Berita Terkait