oleh

Pemkab Garut Berencana Terapkan E-Voting dalam Pilkades

GOSIPGARUT.ID — Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Garut berencana menerapkan e-voting atau pemungutan suara secara elektronik dalam pelaksanaan pemilihan kepala desa (pilkades) nanti.

“Sementara ini belum (e-voting) tapi ke depan mudah-mudahan bisa dilaksanakan,” kata Sekretaris Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DPMD) Kabupaten Garut, Asep Jaelani, Minggu (27/10/2019).

Ia menuturkan, sebanyak 125 desa dari 35 kecamatan di Garut akan menyelenggarakan pilkades serentak pada 5 November 2019 secara manual, yakni mencoblos langsung foto calon kepala desa.

Pemkab Garut, lanjut Asep, saat ini belum dapat menerapkan sistem pemilihan dengan cara pemungutan suara elektronik karena keterbatasan peralatan yang memadai, dan juga sumber daya masyarakatnya.

Baca Juga:   Bupati Garut Nyatakan Kerugian Negara pada SOR Ciateul Sudah Dikembalikan

“Belum bisa dilakukan e-voting karena tidak semua masyarakat paham tentang itu,” katanya seraya menambahkan, pemungutan suara secara elektronik bisa dilaksanakan apabila masyarakatnya secara merata sudah melek terhadap teknologi.

Selama ini, lanjut Asep, masyarakat di sejumlah desa belum memahami cara pemilihan elektronik tersebut, sehingga pemerintah belum bisa menerapkannya.

“Sekarang belum memungkinkan untuk melaksanakan e-voting dalam pilkades, tapi kalau nanti teknologi sudah bagus, ke depan bisa dilaksanakan,” katanya.

Baca Juga:   Bupati Garut Targetkan APBD 2019 Bisa Terserap Rp4,6 Triliun atau 96 Persen

Sementara itu, pelaksanaan pilkades akan diselenggarakan seperti pemilihan umum biasanya yakni dibangun tempat pemungutan suara di satu tempat untuk satu desa.

Panitia pilkades tersebut melibatkan masyarakat, dengan pengawasan aparat kecamatan hingga tingkat Pemerintah Kabupaten Garut, bahkan diawasi aparat kepolisian dan TNI. (Ant/IK)

Komentar

Berita Terkait