oleh

Diikuti Siswa dan Guru, SMKN 1 Garut Gelar Sosialisasi Jabar Masagi

GOSIPGARUT.ID — SMK Negeri 1 Garut menggelar sosialisasi program Pemerintah Provinsi (Pemprov) Jawa Barat mengenai pendidikan Jabar Masagi, yang disosialisasikan di Lapangan Garuda Hitam, Jum’at (4/10/2019).

Program tersebut dilaksanakan pekan lalu selama tiga hari di Lembang Bandung, Jawa Barat, ikut serta perwakilan dari sekolah yang turut hadir dalam kegiatan tersebut sebanyak 10 siswa yang dipilih berdasarkan prestasinya.

Hasil dari kegiatan tersebut disosialisasikan kepada seluruh siswa, staf karyawan, serta guru SMK Negeri 1 Garut.

Dalam sosialisasi tersebut, Asep Paridadin, S. Pd mengatakan, Jabar Masagi merupakan konsep pendidikan karakter yang menitikberatkan pada budaya Jawa Barat khusunya budaya Sunda.

Baca Juga:   Dipastikan Tak Ada Perpeloncoan dalam MPLS SMKN 1 Garut

“Jabar Masagi adalah Konsep pendidikan karakter yang menitik beratkan pada budaya Jawa Barat khususnya budaya Sunda. Ibarat pepatah sunda, ‘nyokot elmu katapel’ yang artinya loncatan batu yang dihasilkan akan lebih jauh,” ujarnya.

Asep menambahkan, ada empat ciri Jabar Masagi yaitu, surti (memahami), harti (pikiran), bukti dan bakti (sesuatu yang dilakukan bermanfaat bagi orang lain) yang harus diterapkan kepada anak didik.

Baca Juga:   Bahas Soal Zakat, Anggota Fraksi PKS DPRD Garut Koordinasi dengan Baznas

“Jabar Masagi itu isinya sebenarnya bahasa dan prilaku sehari hari, empat ciri Jabar masagi yaitu, surti, harti, bukti dan bakti yang harus diterapkan kepada anak didik,” tambah dia.

Selain itu, salah satu siswa yang turut hadir, Agung Fathul Muhtadin, Xl RPL menjabarkan ilmu yang didapat saat pelaksaanan pekan lalu, bahwa Jabar Masagi merupakan filosofi Sunda yang singkat padat dan penuh arti.
Jelema Masagi artinya orang yang memiliki banyak kemampuan dan tidak ada kekurangan. Masagi berasal dari kata masagi (persegi) yang artinya menyerupai bentuk persegi. (Yuyus)

Komentar

Berita Terkait