Budaya

Pemkab Garut Siapkan Bantuan Transportasi Bus untuk Jamaah Calon Haji

×

Pemkab Garut Siapkan Bantuan Transportasi Bus untuk Jamaah Calon Haji

Sebarkan artikel ini
ILUSTRASI -- Jamaah calon haji dalam bus.

GOSIPGARUT.ID — Pemerintah Kabupaten Garut menyiapkan bantuan transportasi berupa bus untuk pemberangkatan jamaah calon haji dari pusat pemberangkatan di¬†Pendopo Garut sampai embarkasi, untuk meringankan beban biaya ibadah haji jamaah asal daerah itu.

“Untuk transportasi biasanya disiapkan bus,” kata Wakil Bupati Garut Helmi Budiman, Rabu (3/7/2019).

Ia menuturkan, bantuan transportasi gratis berupa angkutan bus bagi jamaah itu menjadi kewajiban pemerintah daerah yang sudah diatur dalam Pasal 36 Undang-Undang Nomor 8 Tahun 2019 tentang Penyelenggaraan Haji dan Umrah.

Baca Juga:   Mahasiswa Uniga Pahamkan Masyarakat Tentang Isu Negatif Vaksin

Pemkab Garut akan menyiapkan transportasi dari titik awal pemberangkatan jamaah calon haji asal Garut yang dipusatkan di Pendopo Garut menuju embarkasi. Begitu juga sebaliknya, saat mereka kembali ke Tanah Air, sarana itu untuk membantu jamaah kembali sampai Pendopo Garut.

“Transportasi jamaah dari daerah asal ke embarkasi begitu pun sebaliknya itu adalah tanggung jawab pemerintah daerah,” ujar Helmi.

Baca Juga:   Di 2024, Disdik Garut Menargetkan Rata-rata Lama Sekolah 9,01 Tahun

Ia menambahkan, pemerintah daerah setempat juga akan mengalokasikan anggaran untuk kebutuhan makan jamaah selama perjalanan di bus, termasuk kegiatan pelepasan jamaah.

“Untuk makan selama di bus perjalanan dari Garut ke embarkasi, fasiltiasi kegiatan pelepasan secara keselurahan jamaah haji, kemudian pelepasan per tanggal pemberangkatan,” kata Helmi.

Ia menyampaikan, jamaah haji asal Garut tahun 2019 tercatat sebanyak 1.930 orang ditambah 15 petugas pendamping jamaah yang pemberangkatannya akan dibagi menjadi lima kloter.

Baca Juga:   LBH SPP Desak Pemkab Garut Instruksikan Desa Memasang Papan Penerima Bansos
Konten berbayar berikut adalah iklan platform Mixadvert dan MGID. Gosipgarut.id tidak terkait dengan materi konten ini.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *