Budaya

Disparbud Garut Gelar Festival Kesenian Tradisional Bangreng di Cilawu

×

Disparbud Garut Gelar Festival Kesenian Tradisional Bangreng di Cilawu

Sebarkan artikel ini
Festival kesenian tradisional Bangreng di Garut. (Foto: Ai Respati)

GOSIPGARUT.ID — Dinas Pariwisata dan Kebudayaan (Disparbud) Kabupaten Garut menggelar festival kesenian tradisional Bangreng di Kecamatan Cilawu, Kabupaten Garut, Jumat (2/4/2021).

Acara yang digelar di Perkebunan Dayeuh Manggung itu dijadwalkan berlangsung hingga 4 April 2021.

Menurut Sekretaris Disparbud Garut, Mamun, S.Pd, M.Pd, digelarnya festival kesenian tradisional Bangreng tersebut sebagai upaya peran dan fungsi pemerintah dalam melestarikan seni dan budaya yang ada di Kabupaten Garut.

Baca Juga:   TBM yang Dikelola Sejumlah Komunitas Bermunculan di Garut Selatan

“Kesenian tradisional Bangreng yang ada di Kecamatan Cilawu, tetap bertahan di tengah gempuran seni modern. Biasanya para pelaku seni hanya ada satu grup di tiap kecamatan, tetapi kesenian Bangreng yang ada di Kecamatan Cilawu bisa ada 41 grup kesenian,” ujar dia.

Mamun menambahkan, para pemain kesenian Bangreng itu terdiri dari anak muda. Ini menunjukkan adanya rasa memiliki dan upaya mempertahankan kesenian tradisional di kalangan generasi muda.

Baca Juga:   Sejumlah SMP di Pelosok Garut Kesulitan Selenggarakan UNBK 2019

Kesenian tradisional Bangreng, kata dia, erat kaitannya dengan penyebaran agama Islam di pulau Jawa. Kesenian Bangreng berasal dari Kesenian Terebang dan Gembyung yang memiliki waditra (alat musik) Terebang serta lagu-lagu sholawat murni.Terebang ditampilkan di sela-sela dakwah menyampaikan ajaran agama Islam.

Dalam perjalanannya, di Kecamatan Cilawu, kesenian Terebang dan Gembyung mengalami perubahan dengan menyertakan penari (ronggeng) sehingga dikenal kesenian tradisional Bangreng atau Terebang dan Ronggeng.

Baca Juga:   Disparbud Garut Optimalkan Penanganan Sampah di Objek Wisata Situ Bagendit

Selain memasukkan unsur penari, waditra yang dimainkan tiap grup juga berbeda serta lagu yang ditampilkan pun dinamis mengikuti trend yang sedang populer.

Konten berbayar berikut adalah iklan platform Mixadvert dan MGID. Gosipgarut.id tidak terkait dengan materi konten ini.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *