Berita

Mengenal Kampung TKW di Garut, Hampir Semua Wanitanya Mencari Nafkah ke Luar Negeri

×

Mengenal Kampung TKW di Garut, Hampir Semua Wanitanya Mencari Nafkah ke Luar Negeri

Sebarkan artikel ini
Pekerja wanita kampung Cigadog. (Foto: Istimewa)

GOSIPGARUT.ID — Tak dapat dipungkiri jika menjadi TKI dan bekerja di negara orang menjadi pilihan, alasannya karena uang yang didapat bisa lebih banyak sehingga bisa menjaga dapur tetap ngepul. Di samping itu, semakin minimnya lapangan pekerjaan memaksa para orangtua mau tak mau harus berangkat, apalagi dengan adanya syarat strata pendidikan untuk mendapatkan pekerjaan.

Ada yang unik dari TKI di Indonesia ini. Di Jawa Barat, tepatnya di Desa Cigadog, Kecamatan Sucinaraja, Kabupaten Garut yang dijuluki ‘Kampung TKW’. Bukan menjadi ibu rumah tangga, hampir semua wanita di desa ini mencari rezeki dengan menjadi TKW di negeri orang. Lebih jelasnya tentang kampung tersebut simak ulasannya di bawah ini.

Menjadi TKW seolah telah menjadi pekerjaan wajib yang tak ada matinya. Dari tahun 1980-an, Cigadog sudah memberangkatkan para perempuannya untuk merantau dan mencari penghasilan di luar daerah. Hal ini jelas karena yang terpikir hanya bagaimana bisa membantu menopang ekonomi keluarga. Setiap tahun, Garut tercatat mengirimkan TKI-nya dalam jumlah ratusan orang.

Baca Juga:   SDIT Atikah Musaddad Al-Wasilah Gelar Wisuda Alqur'an, 126 Siswa Terlibat

Dari tahun 2009-2014, ada sekitar 500 orang asal Garut yang dikirim ke Timur Tengah. Namun, jumlah tersebut kian menyusut bila dilihat dari data TKI 2015 yang hanya mencapai 200-an orang saja. Negara yang menjadi tujuan juga yang berada di Timur Tengah seperti Qatar, Oman, Yordania, serta Arab Saudi. Mengapa harus Timur Tengah? Berdasarkan penuturan pihak Badan Nasional Penempatan dan Perlindungan Tenaga Kerja Indonesia, hal tersebut terjadi karena adanya kesamaan budaya dan agama.

Konten berbayar berikut adalah iklan platform Mixadvert dan MGID. Gosipgarut.id tidak terkait dengan materi konten ini.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *