Budaya

TBM yang Dikelola Sejumlah Komunitas Bermunculan di Garut Selatan

×

TBM yang Dikelola Sejumlah Komunitas Bermunculan di Garut Selatan

Sebarkan artikel ini
Pegiat Taman Baca Masyarakat berkumpul dalam acara Safari Literasi di Bungbulang, Kabupaten Garut. (Foto: Dok. Diskominfo Garut)

GOSIPGARUT.ID — Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kabupaten Garut menyatakan, Taman Baca Masyarakat (TBM) yang dikelola sejumlah komunitas di pelosok Garut mulai bermunculan, sehingga mendorong minat baca masyarakat untuk menuju hidup yang lebih baik.

“Kami bersyukur karena Taman Baca Masyarakat di Garut khususnya di Garut selatan saat ini banyak bermunculan,” kata Kepala Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kabupaten Garut, Lisnawati melalui siaran pers, Kamis (30/5/2019).

Ia menuturkan, keberadaan taman bacaan itu telah menunjukan bahwa di suatu daerah masyarakatnya telah menuju ke arah yang lebih baik.

Baca Juga:   113 Santri Asal Garut Disambut Hangat Dubes Amerika Serikat

Pemerintah daerah, kata Lisnawati, terus menjalin kerja sama dengan Forum Taman Baca Masyarakat (FTBM) dalam menjalankan program meningkatkan minat baca ke seluruh lapisan masyarakat.

“Masyarakat Garut sekarang menuju ke arah masyarakat literat, oleh karena itu, pihaknya melakukan koordinasi dan sinergi dengan para pegiat khususnya FTBM Garut untuk melakukan langkah-langkah strategis,” ujar dia.

Baca Juga:   Masih Ada Ketakutan, Sekolah Tatap Muka di Garut Belum Pasti Dibuka Januari 2021

Salah satu program yang telah dijalankan oleh Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kabupaten Garut bersama FTBM Garut yakni melakukan kegiatan Safari Literasi ke para pegiat TBM di Kecamatan Pakenjeng dan Bungbulang.

Kegiatan itu melibatkan 10 pegiat literasi yang berasal dari Garut selatan yang penyelenggaraannya di TBM Sarang Lebah, Desa Mekarjaya, Kecamatan Bungbulang.

Baca Juga:   Baznas Garut Serahkan Bantuan kepada Siswa Berprestasi

Ketua FTBM Garut, Roni Nuroni mengatakan, Safari Literasi tersebut bertujuan untuk memberikan motivasi kepada para pegiat terkait peningkatan layanan kegemaran membaca kepada masyarakat, penajaman rencana kegiatan dan koordinasi persiapan Kemah Literasi FTBM Garut.

Konten berbayar berikut adalah iklan platform Mixadvert dan MGID. Gosipgarut.id tidak terkait dengan materi konten ini.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *