oleh

SMKN 1 Garut Umumkan Kelulusan UN Saat Acara Buka Puasa Bersama

GOSIPGARUT.ID — Momentum bulan Ramadhan selalu identik dengan buka puasa bersama (bukber). Hal ini dimanfaarkan warga Sekolah Menengah Kejuruan Negeri (SMKN) 1 Garut, untuk merayakan kelulusan peserta Ujian Nasional (UN) dengan Bukber yang diikuti 729 siswa peserta UN para guru, staf, dan warga sekolah lainnya.

“Buka bersama ini sengaja dilaksanakan bertepatan dengan pembukaan kelulusan, untuk menghindari aksi curat-coret dan konvoi kendaraan di jalan yang dapat mengganggu ketertiban. Ini kan bulan suci, lebih baik dirayakan dengan kegiatan positif dan khidmat. Curat coret, konvoi dan ugal-ugalan itu kebiasaan lama yang sudah tidak relevan dengan konteks kekinian,” tutur Kepala SMKN 1 Garut, H. Dadang Johar Arifin, usai bukber, Senin (13/05/2019) di Lapang Futsal Garuda Hitam yang ada di area sekolah tersebut.

Acara pengumuman hasil UN SMKN 1 Garut sekaligus buka puasa bersama. (Foto: Yuyus YS/GosipGarut)

Ia mengungkapkan, seluruh siswa peserta UN di sekolahnya lulus 100 persen. “Bapak umumkan, kalian semua lulus 100 persen. Semoga kalian menjadi anak-anak yang baik dan sukses di kemudian hari,” kata Dadang lewat pengeras suara, yang disambut suka cita dan ucapan puji syukur serempak.

Baca Juga:   Uniga Kembali Mewisuda 268 Lulusan, Kali Ini Diselenggarakan di Hotel

Sebagai kepala sekolah, ia merasa bangga dengan sikap anak didiknya, yang mau mentaati aturan yang dibuat. Bahkan mereka dengan sukarela memberikan seragam bekas sekolahnya untuk dibagikan kepada pihak yang membutuhkan.

“Alhamdulillah tidak ada aksi corat coret, mereka inisiatif sendiri memberikan pakaian bekasnya. Karena mereka sudah terbiasa dididik di sini untuk berbuat baik kepada sesama,” ujar Dadang.

Baca Juga:   Siswa SMKN 1 Garut Membuka Pasar di Sekolah, untuk Apa?

Kelulusan diumumkan setelah buka puasa bersama yang diawali dengan sholat maghrib berjamah di lapangan tersebut. Selanjutnya para siswa bersalaman dengan para guru, staf sekolah, dan warga sekolah lainnya. Kemudian mereka melakukan foto bersama dan akhirnya mereka meninggalkan sekolah sebelum kumandang adzan isya. (Yuyus)

Komentar

Berita Terkait