oleh

Banyak Caleg Koalisi 01 Tidak All Out, Maka Jokowi Pun Keok di Garut

GOSIPGARUT.ID — Seperti halnya di banyak kabupaten/kota di Jawa Barat, pasangan Capres-Cawapres nomor urut 01 Jokowi-Ma’ruf diperkirakan kalah juga di Kabupaten Garut.

Salah satu faktor penyebab kekalahannya, diungkapkan pengamat politik sekaligus mantan anggota DPRD Fraksi Golkar, Haryono, adalah banyak caleg partai koalisi pendukung 01 yang hanya fokus pada kampanye mereka sendiri.

“Potensi itu muncul, anggap perintah itu meloloskan Jokowi, mungkin mereka (caleg asal partai pendukung 01) berupaya, tapi tidak sehebat berupaya atas dirinya sendiri saat ingin lolos menjadi legislator,” kata dia.

Baca Juga:   Tokoh Garut Utara Yakin Jokowi Kembali Terpilih, Karena Dia Kehendak Alloh

“Kalau kita melihat petunjuk yang ditemukan, itu paketnya kan hanya DPR, DPRD gitu ya, ada gak minta juga colok Jokowi, ada gak? Gak ada kan. Mungkin secara struktur mereka mendukung Jokowi, tapi secara fungsional mereka hanya memikirkan diri sendiri,” tambah Haryono.

Haryono: pengamat politik di Kabupaten Garut. (Foto: Istimewa)

Ia menandaskan, faktor lain dari kekalahan Jokowi adalah akibat lemahnya koordinasi tim kampanye 01 di Garut.

“Lemah di koordinasi, coba koordinasinya kuat. Jadi hanya cerita di atas saja, terjebak dalam gimmick ‘gimmick’, karena di lapangan tidak sehebat di dunia maya, di dunia nyata semuanya sendiri-sendiri saja,” ujar Haryono.

Baca Juga:   Feodalisme Pemilu Menguji Netralitas KPU

Situs resmi Komisi Pemilihan Umum saat ini masih terus merilis hasil penghitungan suara Pemilihan Presiden dan Wakil Presiden 2019. Di Kabupaten Garut, menurut data terbaru yang dirilis di situs tersebut pada minggu, (28/04/2019) pukul 16.30 WIB, menunjukkan pasangan calon presiden dan wakil presiden nomor urut 02, Prabowo Subianto — Sandiaga Salahudin Uno terlihat masih unggul dalam angka perolehan sementara.

Baca Juga:   Kasus Buper Citiis, Pernyataan Bupati Garut Semestinya Disampaikan dalam Penyidikan

Pasangan capres 02 memimpin dengan angka perolehan sementara 319.616 suara atau 70,23 persen, sedangkan pasangan nomor urut 01, Joko Widodo — Ma’ruf Amin meraih suara sebanyak 135.480 atau 29,77 persen.

Saat berita ini diturunkan, data yang berhasil diinput dan diperbaharui di situs resmi KPU berdasarkan angka perolehan suara di 2.511 TPS dari 8025 TPS yang ada. (Rmol/Gun)

Komentar

Berita Terkait