Budaya

Banyak Kepala Sekolah di Garut Belum Memenuhi Ketentuan

×

Banyak Kepala Sekolah di Garut Belum Memenuhi Ketentuan

Sebarkan artikel ini
Ilustrasi/Istimewa

GOSIPGARUT.ID — Kepala Sekolah Dasar (SD) dan Sekolah Menengah Pertama (SMP) di Kabupaten Garut disebut-sebut masih banyak yang belum memenuhi ketentuan, sebagaimana diatur oleh PP 74 tahun 2008 yang diperbarui melalui PP 19 tahun 2017 dalam implementasi Permendikbud 6 tahun 2018 tentang Kepala Sekolah (Kepsek).

Dikutip dari Inilahkoran, berdasarkan ketentuan tersebut, menurut Serikat Guru Indonesia (Segi) Kabupaten Garut, yang diangkat menjadi kepsek adalah guru. Sedangkan guru sendiri pendidik profesional yang dibuktikan melalui kepemilikan sertifikat pendidik.

“Kenyataannya masih banyak kepala sekolah pada tingkat pendidikan dasar telah menduduki jabatan, padahal belum mengikuti diklat (pendidikan dan pelatihan) calon kepala sekolah,” kata Ketua Segi Garut Apar Rustam Ependi.

Baca Juga:   Di 2024, Disdik Garut Menargetkan Rata-rata Lama Sekolah 9,01 Tahun

Untuk itu, ia sangat menyayangkan Dinas Pendidikan (Disdik) Kabupaten Garut yang lamban menyikapi berbagai persoalan satuan pendidikan tingkat dasar, SD maupun SMP tersebut.

Menurut Apar, banyak satuan pendidikan tingkat dasar tak memiliki kepsek definitif. Padahal keberadaan kepsek sangat penting terkait fungsi administratif sebagai yang berwenang menandatangani Surat Tanda Tamat Belajar (STTB) yang tak lama lagi akan diterbitkan pada pelaksanaan USBN dan UN tingkat pendidikan dasar.

Baca Juga:   SMK Al Jabar Hadir Saat Angka Putus Sekolah di Karangsari Cukup Tinggi

“Segi mendesak Pelaksana Teknis (PLT) Kepala Disdik Garut segera memverifikasi legal formal seluruh kepala satuan pendidikan dasar di Garut sesuai peraturan perundangan dan merumuskan serta melaksanakan langkah penanggulangannya,” katanya.

Konten berbayar berikut adalah iklan platform Mixadvert dan MGID. Gosipgarut.id tidak terkait dengan materi konten ini.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *