Wisata

Garut Raih Penghargaan Top 5 Investment Challenge Jawa Barat: Tawarkan Pengembangan Situ Bagendit

×

Garut Raih Penghargaan Top 5 Investment Challenge Jawa Barat: Tawarkan Pengembangan Situ Bagendit

Sebarkan artikel ini
Kepala Bappeda Kabupaten Garut, Didit Fajar Putradi, menerima secara simbolis penghargaan 5 besar Proposal Investasi Terbaik, dalam acara West Java Industrial Meeting 2024 yang diadakan di Trans Luxury Hotel, Kota Bandung, Jum'at (28/6/2024). (Foto: Dok. Bappeda Kab. Garut)

GOSIPGARUT.ID — Kabar membanggakan datang dari Kabupaten Garut. Dalam acara West Java Industrial Meeting 2024 yang dihelat di Trans Luxury Hotel, Kota Bandung, Jum’at (28/6/2024), Garut berhasil masuk ke dalam 5 besar daerah dengan proposal investasi terbaik.

Pencapaian ini diraih berkat kerja keras dan sinergi dari berbagai pihak. Proposal investasi yang diajukan oleh Pemkab Garut berjudul “Situ Bagendit – World Class Tourism”, yang menawarkan pengembangan dan pengelolaan Situ Bagendit dengan skema Kerjasama Pemerintah dan Badan Usaha (KPBU).

Proposal ini juga dibuat guna meneruskan momentum revitalisasi yang sebelumnya dilakukan oleh pemerintah pusat di tahun 2020.

Baca Juga:   Bawaslu Garut Usulkan Anggaran Pilkada 2024 Sebesar Rp22 Miliar, Namun Direalisasi Rp16,4 Miliar

“Pemerintah Kabupaten Garut menilai bahwa dengan banyaknya potensi pengembangan yang ada, Situ Bagendit membutuhkan pengelola profesional yang tidak hanya mengangkat nilai ekonomi melalui pengembangan wisata, tetapi nilai sosial melalui pemberdayaan masyarakat dan budaya sekitar, juga tetap menjaga nilai ekologis Situ Bagendit yang merupakan danau alami,” ujar Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) Kabupaten Garut, Didit Fajar Putradi, dalam keterangan tertulisnya.

Baca Juga:   Di Taman Satwa Cikembulan Garut, Anak Orangutan Sedot Perhatian Wisatawan

Dengan dikelolanya Situ Bagendit oleh investor, tambah dia, diharapkan dapat meningkatkan kemandirian fiskal Kabupaten Garut melalui peningkatan Pendapatan Asli Daerah (PAD).

Didit mengungkapkan, proposal investasi Garut menawarkan pengembangan dan pengelolaan Situ Bagendit yang terbagi di 6 zona darat dan satu zona air dengan nilai investasi sebesar 6,691 juta USD atau sekitar 109 miliar rupiah.

Baca Juga:   Sambut Libur Lebaran, Sejumlah Objek Wisata di Garut Diminta untuk Dipercantik
Konten berbayar berikut adalah iklan platform Mixadvert dan MGID. Gosipgarut.id tidak terkait dengan materi konten ini.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *