Berita

Orang Cikajang Garut Pernah Ada yang Jadi Menteri Sosial, Namanya Mang Engkos

×

Orang Cikajang Garut Pernah Ada yang Jadi Menteri Sosial, Namanya Mang Engkos

Sebarkan artikel ini
Mohammad Kosasih Purwanegara.

GOSIPGARUT.ID — Kecamatan Cikajang, Kabupaten Garut, ternyata telah melahirkan tokoh nasional dengan menyandang sebagai Menteri Sosial pada Kabinet Republik Indonesia Serikat. Tokoh tersebut memiliki nama panggilan adalah “Mang Engkos” yang disematkan oleh kolega dan sejawatnya.

Sementara nama lengkapnya, sebagaimana dikutif dari Wikipedia dan sejumlah sumber, yaitu Mohammad Kosasih Purwanegara. Ia lahir di Cikajang Garut pada tanggal 13 Maret 1913, dan wafat tanggal 4 April 2008.

Mang Engkos lahir dari keluarga bangsawan juga merupakan anak keempat dari 12 bersaudara dimana orang tuanya adalah pensiunan Wedana di Cikajang, Kabupaten Garut.

Baca Juga:   Seorang Nelayan yang Sedang Menangkap Ikan di Laut Sancang Garut Dilaporkan Tenggelam

Selain sebagai Menteri Sosial, Mang Engkos juga aktif dalam berbagai organisasi sosial, perdagangan, dan keolahragaan. Salah satunya adalah Ketua Umum Persatuan Sepakbola Seluruh Indonesia (PSSI) pada tahun 1967-1975.

Mang Engkos meraih gelar sarjana hukum dari Rechtshoogeschool te Batavia, (sekarang FH-UI) pada tahun 1938. Bidang organisasi juga telah digelutinya sejak masih menjadi pelajar dan mahasiswa antara lain pernah menjadi ketua organisasi mahasiswa Unitas Studiosorum Indonesiensis (USI) di Jakarta.

Baca Juga:   Marahi Pedagang Bakso Tahu Sambil Todongkan Pisau, Pemuda Rese di Terminal Garut Diamankan Polisi

Di bidang pemerintahan, Mang Engkos pernah menjabat Residen Jakarta (Desember 1946 – 26 November 1947) dan Wakil Residen Priangan pada tahun-tahun pertama kemerdekaan, disusul kemudian sebagai anggota Konstituante, dan Menteri Sosial Kabinet Republik Indonesia Serikat (1949-1950) sekaligus sebagai Ketua Umum pertama Gapindo (Gabungan Pembelian Importir Indonesia) pada tahun 1949.

Konten berbayar berikut adalah iklan platform Mixadvert dan MGID. Gosipgarut.id tidak terkait dengan materi konten ini.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *