Berita

Sambut Pemudik Lebaran, Garut Siapkan Tiga Ruas Jalan Besar dengan Segala Kelengkapannya

×

Sambut Pemudik Lebaran, Garut Siapkan Tiga Ruas Jalan Besar dengan Segala Kelengkapannya

Sebarkan artikel ini
Salah satu ruas jalan yang disediakan Kabupaten Garut untuk jalur arus mudik. (Foto: Istimewa)

GOSIPGARUT.ID — Penjabat (Pj) Bupati Barnas Adjidin mengatakan bahwa Kabupaten Garut menyiapkan tiga ruas jalan besar yang akan dilalui oleh para pemudik, meliputi wilayah utara, tengah, dan selatan.

“Nah tentu ketiga ruas itu harus dipersiapkan segala sesuatunya agar pada saatnya para pemudik bisa nyaman, dan juga bisa aman dalam melakukan perjalanan baik pagi, siang, sore, bahkan malam hari,” ucap dia, sesuai menghadiri Rapat Koordinasi Lintas Sektor Operasi Ketupat Lodaya Tahun 2024 di Mapolres Garut, Senin (1/4/2024).

Barnas menegaskan pentingnya persiapan menyeluruh agar para pemudik dapat melakukan perjalanan dengan nyaman dan aman, baik pada pagi, siang, sore, maupun malam hari. Koordinasi antara pemerintah daerah, TNI Polri, pelajar, mahasiswa, tokoh masyarakat, dan tokoh pegiat lalu lintas dianggap sebagai kunci utama dalam menjaga keamanan selama arus mudik dan arus balik berlangsung.

Baca Juga:   Hari Ini Warga Garut di 82 Desa Ikuti Pilkades Serentak, Ada 760 TPS Disediakan

“Ini bukan sesuatu yang mudah, karena luasnya Kabupaten Garut, dan tentunya harus mempersiapkan terhadap bagaimana personil, bagaimana SOP-nya, bagaimana sarana yang harus disiapkan, dan juga amunisi nah dipersiapkan untuk kelancaran dalam penyelenggaraan tugas,” ungkapnya.

Dalam konteks Garut yang memiliki luas wilayah yang cukup besar, persiapan terhadap personil, SOP, sarana, dan amunisi menjadi hal yang tidak dapat diabaikan. Barnas menekankan pentingnya sinergi lintas sektor dalam menyediakan pusat informasi agar masyarakat dapat dengan mudah memperoleh informasi yang diperlukan.

Baca Juga:   Ada 20 Ribu Pasangan Menikah di Garut Setiap Tahun, Infaq Calon Pengantin Ditargetkan Terkumpul Rp500 Juta

Selain itu, dengan perkiraan arus mudik yang meningkat, penanganan kendala seperti kemacetan menjadi prioritas. Barnas juga menyoroti kondisi jalan yang harus dipertahankan agar memfasilitasi arus lalu lintas yang lancar. Tindakan larangan operasional delman dan becak di area arus mudik didukung dengan kompensasi yang telah disiapkan oleh pemerintah daerah, bertujuan untuk menjaga kelancaran lalu lintas tanpa mengganggu aktivitas masyarakat setempat.

Konten berbayar berikut adalah iklan platform Mixadvert dan MGID. Gosipgarut.id tidak terkait dengan materi konten ini.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *