Berita

Untuk Mengairi Lahan Tadah Hujan, Dispertan Garut Gencar Bangun Sumur Bor di Sejumlah Daerah

×

Untuk Mengairi Lahan Tadah Hujan, Dispertan Garut Gencar Bangun Sumur Bor di Sejumlah Daerah

Sebarkan artikel ini
ILUSTRASI -- Air dari sumur bor.

GOSIPGARUT.ID — Dinas Pertanian (Dispertan) Kabupaten Garut terus gencar membangun sumur bor di sejumlah daerah untuk mengairi areal lahan pertanian tadah hujan agar tetap produktif menghasilkan komoditas pangan saat musim kemarau tiba.

“Tahun kemarin 2023 lima unit, kegiatannya pembangunan irigasi air tanah dangkal, tahun sekarang (2024) ada,” kata Kepala Bidang Prasarana Tanaman Pangan, Hortikultura, dan Perkebunan pada Diseprtan Kabupaten Garut Rakmat Jatnika, Jumat (29/3/2024).

Ia menuturkan, tahun anggaran 2023 telah membangun sebanyak lima sumur bor untuk mengairi areal persawahan maupun perkebunan yakni lahan tadah hujan di Jayaraga, Kecamatan Tarogong Kidul, Kandangmukti di Kecamatan Leles, Mancagahar di Kecamatan Pameungpeuk, Wanajaya di Kecamatan Wanaraja, dan Sukajaya di Kecamatan Cisewu.

Baca Juga:   3.467 Hektare Lahan di Garut Dilanda Kekeringan, Petani Merugi Rp94,8 Miliar

Selanjutnya, kata Rakmat, Disepertan Garut juga pada tahun anggaran 2024 kembali membangun delapan sumur untuk mengairi areal pertanian tadah hujan yang lebih luas lagi yakni tersebar di Kecamatan Limbangan, Cilawu, Cisurupan, dan Cibatu dengan besaran anggaran untuk satu sumur sebesar Rp142,5 juta.

Ia menyampaikan setiap satu sumur bor itu mampu mengairi areal pertanian sekitar 4 sampai 6 hektar, atau tergantung banyaknya debit air yang dihasilkan, semakin banyak maka akan lebih luas lagi pengairannya.

Baca Juga:   PGRI Banyuresmi Dukung Pembangunan Jalan Tol Bandung - Garut - Tasikmalaya

“Tergantung dapat airnya atau debitnya, ada yang 4 hektare, ada yang 6 hektare, tergantung tadi dapat airnya,” ujar Rakmat.

Ia menjelaskan pemerintah kembali membangun sumur bor di kawasan lahan tadah hujan itu karena keberadaannya telah memberikan dampak yang cukup baik, yang nantinya lahan pertanian tetap produktif saat musim kemarau.

Konten berbayar berikut adalah iklan platform Mixadvert dan MGID. Gosipgarut.id tidak terkait dengan materi konten ini.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *