Budaya

Festival 1.000 Liwet di Cigedug Tampilkan Atraksi Aneka Seni, Salah Satunya Calung

×

Festival 1.000 Liwet di Cigedug Tampilkan Atraksi Aneka Seni, Salah Satunya Calung

Sebarkan artikel ini
Festival 1.000 Liwet di Kecamatan Cigedug dimeriah atraksi seni calung. (Foto: Istimewa)

GOSIPGARUT.ID — Pelaksanaan Festival 1.000 Liwet yang digelar Forum Koordinasi Pimpinan Kecamatan (Forkopimcam) dan masyarakat Kecamatan Cigedug, Kabupaten Garut, Kamis (23/2/2023), berlangsung meriah. Saat ratusan yang hadir melahap nasi liwet, pihak panitia menghiburnya dengan atraksi aneka seni.

Kontributor GOSIPGARUT.ID, Ma’mun G, melaporkan salah satu atraksi seni yang bikin hadirin terhibur adalah penampilan seni calung yang dipersembahkan warga Desa Sukahurip, Kecamatan Cigedug. Selain calung, juga dipentaskan seni Sunda lainnya seperti lengser dan pupuh.

Festival 1.000 Liwet diselenggarakan di depan Kantor Kecamatan dengan menggunakan bahu jalan. Tampak hadir Camat Cigedug beserta jajaran, Forkompim dan Ketua MUI bersama para peserta dan masyarakat menikmati hidangan nasi liwet yang berjumlah 18 paket komplit dengan lauk pauk, buah-buahan, dan air mineral.

Baca Juga:   Disdik Garut Bangga, LKP Lotus Bisa Eksis di Pelosok Selatan dengan Biaya Sendiri

Camat Cigedug, Yeni Damayanti mengungkapkan rasa syukurnya atas peran serta warga dalam Festival 1.000 Liwet di Kecamatan Cigedug.

“Alhamdulillah, meskipun Kecamatan Cigedug dalam list panitia kabupaten sebanyak 10 paket nasi liwet, tapi dalam kenyataanya yang hadir dan tersedia menjadi 18 paket liwet komplit. Ini menandakan bahwa masyarakat sangat antusias berpartisipasi,” ujar dia.

Baca Juga:   Wanita yang Meninggal Dalam Bus Ternyata Warga Cigedug

Yeni juga bangga dengan adanya warga dan sekolah yang ikut memeriahkan festival dengan pentas seni Sunda. “Ini luar biasa, terima kasih untuk semuanya. Pelaksanaan festival berlangsung sukses dan bermakna,” tuturnya.

Usai makan nasi liwet bersama, peserta dibantu panitia yang dimotori oleh PGRI Cigedug langsung membersihkan lokasi kembali bersih tanpa sampah. ***

Konten berbayar berikut adalah iklan platform Mixadvert dan MGID. Gosipgarut.id tidak terkait dengan materi konten ini.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *