Berita

Pengalihan Balai UTPAA Pameungpeuk Jadi Kebun Raya oleh BRIN Dinilai Tidak Tepat

×

Pengalihan Balai UTPAA Pameungpeuk Jadi Kebun Raya oleh BRIN Dinilai Tidak Tepat

Sebarkan artikel ini
Balai Uji Teknologi dan Pengamatan Antariksa dan Atmosfer (BUTPAA) Pameungpeuk. (Foto: Istimewa)

GOSIPGARUT.ID — Badan Riset dan Inovasi Nasional (BRIN) mengubah Balai Uji Teknologi dan Pengamatan Antariksa dan Atmosfer (BUTPAA) Pameungpeuk, salah satu balai eks Lembaga Penerbangan dan Antariksa Nasional (Lapan), di Kabupaten Garut, menjadi kawasan kebun raya. Pengubahan balai lokasi peluncuran roket pertama negeri ini dinilai tak tepat. Nilai historis itu mestinya tetap dijaga.

“Lapan dulu awalnya berdiri dari balai ini. Peluncuran roket pertama milik Indonesia juga dilakukan di Pameungpeuk. Kesakralan itu mestinya dipertahankan, bukan malah diubah,” ujar mantan Kepala BUTPAA Pameungpeuk, Unggul Satrio Yudhotomo, kepada wartawan, Jumat (17/2/2023).

Selain itu, kata dia, keberadaan stasiun peluncuran roket penting dalam konteks pertahanan dan penguasaan teknologi uji roket yang mendukung pengembangan roket nasional. Ini menunjukkan prestasi nasional di bidang teknologi roket, terutama roket eksperimental dengan jarak jangkau tiga digit.

Baca Juga:   Anton Charlyan: Elektabilitas Jokowi -- Ma'ruf akan Semakin Tinggi di Garut

Dalam lingkup regional, tambah Unggul, Indonesia memimpin capaian ini sehingga akan lebih segan dalam memandang Indonesia. Keberadaan tempat peluncuran roket akan memberikan kewibawaan bagi Indonesia.

“Keberadaannya akan memberikan efek gentar (deterrent effect), terutama ke negara-negara tetangga. Memang layanan teknis dipertahankan. Akan tetapi, kalau peluncuran roket dilakukan dari kawasan berstatus kebun raya, efek gentarnya akan hilang,” kata dia.

Baca Juga:   Hama Ulat Serang Padi Siap Panen di Tarogong Kidul Garut

Mempertahankan BUTPAA Pameungpeuk sebagai lokasi peluncuran roket, papar Unggul, akan mensejajarkan Indonesia dengan negara-negara yang punya fasilitas serupa. Indonesia akan memiliki kebanggaan tinggi. Seperti Jepang dengan fasilitas di Tanegashima Space Center, Centre Spatial Guyanais di Guyana, Prancis; atau Satish Dhawan Space Center di Sriharikota Andhra Pradesh, India.

Konten berbayar berikut adalah iklan platform Mixadvert dan MGID. Gosipgarut.id tidak terkait dengan materi konten ini.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *