oleh

Tiga Desa di Kecamatan Cisewu Ingin Mekar, Dua Sudah Mengajukan Proposal

GOSIPGARUT.ID — Tiga desa di Kecamatan Cisewu, Kabupaten Garut, disebut-sebut ingin memekarkan diri. Para penggagas pemekaran di ketiga desa itu sudah mengambil langkah-langkah persiapan. Malah dua desa di antaranya, yakni Sukajaya dan Cikarang, per 6 Juli 2020 sudah mengajukan proposal pemekaran kepada Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Garut.

Sementara Desa Cisewu yang juga sama tengah mempersiapkan langkah-langkah menuju pemekaran, menurut Camat Cisewu Hery, S.PKP, hingga Senin (6/7/2020) sore belum mengirimkan proposal pemekan. Pihaknya belum menerima informasi penyebab proposal tersebut belum dikirimkan.

“Tetapi kami sudah melaksanakan pendataan. Hasil pendataan awal terdapat tiga desa yang akan merencanakan pemekaran, yaitu Sukajaya, Cikarang, dan Cisewu. Kami pun telah melaporkan hasil pendataan tersebut kepada Kepala DPMPD (Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Pemerintahan Desa) Kabupaten Garut,” jelas Hery.

Baca Juga:   Kantor Kecamatan di Garut Sediakan Takjil dan Tukang Pijit, Untuk Apa?

Ia menambahkan, setelah dilakukan pendataan awal, selanjutnya para penggagas pemekaran di tiga desa tadi menindaklanjutinya dengan melaksanakan musdes (musyawarah desa) yang difasilitasi oleh masing-masing Badan Perwakilan Desa (BPD)-nya.

“Sampai dengan hari Senin (6 Juli 2020), dua desa yakni Sukajaya dan Cikarang yang telah resmi mengajukan proposal pemekaran desa ke tingkat Kabupaten Garut. Adapun Desa Cisewu belum ada informasi,” ujar Hery.

Baca Juga:   Korwil Pendidikan Cisewu Berkantor Megah Berkat Iuran Para Guru

Menurutnya, dengan berpedoman pada Permendagri Nomor 1 Tahun 2017 tentang penataan desa, pihak Kecamatan Cisewu tidak akan menghambat proses pemekaran desa sepanjang sarat dan ketentuannya terpenuhi.

“Kami pun akan mendukung demi kebutuhan percepatan peningkatan kesejahteraan masyarakat desa, mempercepat peningkatan kualitas pelayanan publik, meningkatkan kualitas tatakelola pemerintah desa, meningkatkan daya saing desa, dan demi mewujudkan efektivitas penyelenggaraan pemerintahan desa,” kata Hery. ***

Baca Juga:   Cihuni Bangun Drainase Sepanjang 157,2 Meter dari Dana Desa 2019

Komentar

Berita Terkait