oleh

Minta Turun Hujan, MKKS dan Disdik Ajak SMP di Garut Gelar Sholat Istisqo

GOSIPGARUT.ID — Musim kemarau panjang kali ini benar-benar sudah menikbulkan keresahan di tengah warga. Karena dengan kemarau bisa juga berdampak pada kenestapaan seperti terjadinya bencana kebakaran dan sulitnya air bersih.

Menyadari akan hal itu, Musyawarah Kelompok Kepala Sekolah (MKKS) Sekolah Menengah Pertama (SMP) dan Dinas Pendidikan (Disdik) Kabupaten Garut, berharap untuk segera turun hujan agar kekeringan tidak terus menerjang warga. Caranya, ya dengan pendekatan spiritual, yakni meminta langsung kepada Alloh SWT.

“Menyikapi musim kemarau panjang yang berdampak pada banyaknya daerah yang dilanda kekeringan, kami mengajak setiap sekolah guna melaksanakan solat Istisqo untuk memohon kepada Allah SWT agar segera diturunkannya hujan yang mendatangkan keberkahan bagi kita semua,” kata Ketua MKKS SMP Kabupaten Garut, R. Yusup Satria Gautama.

Dalam siaran persnya yang diterima GOSIPGARUT.ID Minggu (6/10/2019), ia menjelaskan pelaksanaan sholat istisqo dilangsungkan di sekolah masing-masing secara serentak pada Selasa 8 Oktober 2019. “Tentunya, ini diselenggarakan sebelum kegiatan belajar mengajar (KBM),” ujar Kepala SMPN 1 Cilawu ini.

Baca Juga:   Membangun SMP di Sukamaju Sangat Bisa, Syaratnya Tersedia Tanah

Selain mengajak untuk menggelar sholat istisqo, Ketua MKKS Garut juga meminta untuk melibatkan siswa (terutama SMP) dalam gerakan penghijauan pasca turunnya hujan.

Menurut dia, melibatkan siswa dalam gerakan tersebut sangat penting karena salah satu upaya menanamkan pendidikan karakter kepada siswa. “Dengan kegiatan itu, diharapkan para siswa lebih peka terhadap kondisi yang terjadi di lingkungannya. Dengan kesadarannya sendiri, siswa lebih meningkatkan ketakwaan terhadap Alloh SWT, juga lebih peduli terhadap alam,” ujar Yusup.

Baca Juga:   Gegara Soal USBN SMP, Anggota Banser Datangi Disdik Garut

Ia menandaskan, penghijauan adalah salahsatu kegiatan penting yang harus dilaksanakan. Begitu pentingnya, sehingga penghijauan sudah merupakan program nasional yang secara terus menerus dilaksanakan di seluruh Indonesia.

Dinas Pendidikan (Disdik) Kabupaten Garut mendukung penuh ajakan MKKS SMP agar diselelenggarakan sholat istisqo di masing-masing sekolah itu. Bahkan pihaknya juga mengajak seluruh sekolah di Garut untuk menyelenggarakan sholat istisqo dengan melibatkan semua siswa.

Baca Juga:   Warga Garut yang Pulang dari Wamena: Sebetulnya Saya Betah Tinggal di Sana

“Sudah seharusnya kita berikhtiar, mendirikan sholat istisqo dan berdo’a bermohon kepada Alloh SWT agar secepatnya diturunkan hujan. Karena hujan bisa mendatangkan barokah bagi semua, termasuk manfaat bagi sekolah. Dengan turun hujan, sekolah tidak akan gersang dan berdebu,” kata Kepala Disdik Garut, Totong, saat dihubungi, Minggu (6/10/2019).

Dikatakannya, kegiatan menggelar sholat istisqo sudah dimulai oleh Pemkab Garut. Dalam hal ini Bupati Rudy Gunawan yang memimpin langsung pelaksanaan sholat istisqo tersebut di lapang Setda Garut beberapa minggu lalu. ***

Komentar

Berita Terkait