oleh

Reaktivasi Rel Kereta Api Cibatu-Garut Telan Dana Rp400 Miliar

GOSIPGARUT.ID — Pemerintah saat ini sedang melakukan reaktivasi Kereta Api jalur Cibatu-Garut. Hal ini dilakukan untuk mendukung perkembangan pariwisata dan perekonomian di Jawa Barat.

Menteri Budi Karya Sumadi menjelaskan reaktivasi Cibatu ke Garut ini merupakan tahap pertama untuk melanjutkan reaktivasi jalur KA selanjutnya. “Jadi bukan terbatas di Garut saja tetapi juga ada yang di Cianjur, ada yang di Pangandaran dan sebagainya,” ujarnya.

Dirinya menjelaskan untuk program pendanaan reaktivasi jalur KA berasal dari APBN, PT KAI dan kerja sama pemerintah dan Badan Usaha (KPBU). Adapun dana yang digelontorkan untuk reaktivasi tahap pertama, yaitu Cibatu-Garut, sebanyak Rp 400 miliar.

Baca Juga:   Paguyuban Masyarakat Bantalan Rel Garut Kecewa Soal Uang Kerahiman

Sedangkan Cianjur menuju Padalarang akan menelan dana sebesar Rp 300 miliar. Pihaknya pun menargetkan reaktivasi ini selesai dalam kurun waktu lima tahun.

“Reaktivasi tahap pertama ini rencananya akan selesai pada Desember 2019 dan beroperasi pada Februari 2020. Yang perlu banyak waktu pengerjaan memang Ciwidey, Kertajati, Pangandaran, karena beberapa dibutuhkan pembebasan tanah. Kami harapkan program ini akan berlangsung satu sampai 5 tahun,” tandasnya. (PS/Gun)


Komentar

Berita Terkait