oleh

Tersebar di Medsos Nama Caleg dan Parpol yang Tak akan Lolos ke DPRD Garut

GOSIPGARUT.ID — Daftar nama 50 calon anggota legislatif yang lolos ke DPRD Kabupaten Garut tersebar melalui pesan berantai di media sosial dan Grup Whatsapp belakangan ini. Selain menyebutkan nama caleg, juga disebutkan sejumlah parpol yang tak dapat kursi.

Salah satu partai politik yang disebut-sebut tak lolos ke DPRD Garut, menurut pesan tersebut, adalah Partai Hanura. Partai besutan Wiranto ini, pada periode lalu, memiliki keterwakilan. Padahal, partai ini secara politis cukup kuat di Garut mengingat salah satu tokohnya adalah mantan Bupati Garut HM Aceng Fikri.

Selain Hanura, sejumlah partai baru juga tak ada yang lolos ke DPRD Garut. Mereka antara lain Partai Perindo, Partai Berkarya, Partai Garuda, dan Partai Solidaritas Indonesia (PSI). Dua parpol lama yang selama ini berada di papan bawah, yakni PBB dan PKPI pun bernasib sama.

Baca Juga:   Anggaran Rutin Perbaikan Jalan di Garut Capai Rp15 Miliar

Sebelumnya beredar sebuah daftar nama 50 calon anggota legislatif berpeluang masuk DPRD Garut masa bakti 2019-2024. Pada daftar nama 50 caleg diklaim berdasarkan sistem perhitungan sementara diperoleh dari KPU Garut itu, Golkar menempatkan sebanyak 8 kadernya duduk di kursi DPRD Garut, bersaing dengan Partai Gerindra yang juga mendapatkan 8 kursi.

Partai berpeluang menempatkan kadernya pada urutan selanjutnya yakni PPP sebanyak 7 kursi, PKB 6 kursi, PKS 5 kursi, PAN 5 kursi, Partai Demokrat 5 kursi, PDIP 5 kursi, dan Partai Nasdem 1 kursi.

Baca Juga:   Hoaks, Informasi Soal Kemkominfo Akan Blokir Games Online

Dari sebanyak 50 nama itu, caleg petahana yang berpeluang duduk kembali di kursi DPRD Garut mencapai sebanyak 23 orang.

Yang cukup menarik, selain banyak muka baru, mantan Bupati Garut Agus Hamdani juga disebut memiliki kans cukup besar lolos ke DPRD Garut dengan meraih sebanyak 10.605 suara.

Ketua DPC PPP Garut itu sebelum diangkat menjadi Bupati Garut sempat menjadi Wabup Garut sisa masa jabatan 2009-2014, setelah sebelumnya juga menjadi anggota DPRD Garut dari Fraksi PPP.

Pada daftar sebanyak 50 caleg berpeluang lolos ke DPRD Garut masa jabatan 2019-2024 itu juga disebutkan, daftar nama bersangkutan merupakan hitungan sementara yang kepastiannya masih menunggu hasil Pleno KPU, dan keputusan Bawaslu Garut yang memiliki ketetapan hukum.

Baca Juga:   Bareng OJK, Ridwan Kamil Touring Naik Motor Bandung-Garut

Menanggapi beredarnya daftar nama caleg berpeluang duduk di kursi DPRD Garut tersebut, pihak KPU Garut menegaskan belum dapat mempublikasikan data hasil perhitungan sementara suara perolehan caleg maupun partai karena mesti melalui Rapat Pleno KPU yang dijadwalkan digelar pada 1 Mei 2019 mendatang.

“Data-data yang beredar merupakan hasil rekap masing-masing tim kampanye yang merekap sendiri dari salinan C1 yang didapati dari masing-masing saksinya,” kata Ketua KPU Garut Junaidin Basri didampingi Sekretaris Ayi Dudi Supriyadi, Sabtu (27/4/2019). (IK/Gun)

Komentar

Berita Terkait