oleh

Pondasinya Amblas, Jembatan Cikopeng Terancam Roboh

GOSIPGARUT.ID — Akibat pondasinya amblas, jembatan Cikopeng yang menghubungkan Desa Sakawayana dengan Desa Cibunar, Kecamatan Malangbong, Kabupaten Garut terancam roboh.

Warga berharap pihak terkait segera melakukan langkah perbaikan atas kondisi jembatan yang sangat dibutuhkan warga kedua desa tersebut.

Untuk mengantisipasi kemungkinan buruk atas keadaan jembatan melintang di atas sungai Cipedes itu, warga kedua desa dengan dikoordinir masing-masing kepala desanya bersepakat melakukan penanganan secara swadaya.

Sebuah excavator disewa untuk membuat aliran sungai lurung langsung ke kolong jembatan. Tidak seperti sebelumnya yang mengalir ke sebelah pinggir hingga menggerus pondasi jembatan.

Baca Juga:   Wabup Helmi Minta BPBD Garut Siaga 24 Jam

Menurut Kepala Desa Sakawayana, A. Isra, keadaan pondasi penyangga besi jembatan di Kampung Cikopeng Desa Sakawayana itu mengalami amblas sekitar dua meter diterjang luapan arus Sungai Cipedes yang dipicu hujan deras mengguyur wilayah Malangbong pada 10 April 2019.

Dia menuturkan, karena keberadaan jembatan sangat vital bagi aktivitas warga, serta dikhawatirkan kerusakan pondasinya kian parah sebab musim hujan diperkirakan masih belum akan berakhir, warga Desa Sakayana, dan Desa Cibunar bersepakat mengambil langkah perbaikan darurat.

Baca Juga:   Anak Penerima Manfaat PKH di Garut Mampu Kuliah dan Berprestasi

Yakni, menyewa excavator untuk membuat arah aliran sungai yang semula bercabang, dan membelok ke pinggir pondasi jembatan menjadi mengarah lurus langsung ke kolong atau bawah jembatan. Sehingga arus air sungai tidak membentur lagi kaki jembatan.

“Pembuatan aliran sungai lurus ke kolong jembatan ini sebagai tindakan preventif . Sebelumnya, aliran sungai tidak pada semestinya, mengalir ke pinggir jembatan. Makanya pondasi jembatan tergerus, dan amblas,” ujar Isra, Rabu (24/4/2019).

Dia berharap dinas instansi terkait, terutama Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) Kabupaten Garut dapat segera mengambil langkah berkenaan kondisi jembatan Cikopeng terancam ambruk itu.

Baca Juga:   Tokoh Garut Utara Minta Dibuat UU Antimonopoli Penguasaan Lahan Negara

Dia pun mengingatkan warga yang hendak melintasi jembatan Cikopeng agar selalu berhati-hati mengingat kondisi jembatan yang dapat mengancam keselamatan jiwa pengguna itu.

Kepala Urusan Pemerintahan Desa Cibunar Badru menyebutkan, pihaknya juga telah mengirimkan pemberitahuan kepada Pemerintah Kecamatan Malangbong serta Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) Kabupaten Garut mengenai erosi terjadi pada pondasi jembatan Cikopeng. (IK/Gun)

Komentar

Berita Terkait