oleh

Wabup Helmi: Pemkab Garut Sudah Siap Melepas Garsel Jadi DOB

GOSIPGARUT.ID — Wakil Bupati Helmi Budiman mengatakan Pemkab Garut sudah siap untuk melepas Garut Selatan (Garsel) menjadi daerah otonomi baru (DOB). Langkah yang dilakukan Pemkab Garut pun sudah maksimal, akan tetapi hal itu terkendala dengan turunnya moratorium pemerintah pusat tentang pembentukan DOB.

“Kami berharap moratoriumnya dicabut kembali oleh pemerintah pusat. Kami sudah komunikasi dengan DPR RI dan DPRD baik provinsi maupun kabupaten sejak jauh-jauh hari. Sayangnya seluruh upaya yang telah kami lakukan pada akhirnya mentok juga akibat moratorium,” kata Helmi.

Ia menandaskan, padahal dalam Undang-undang nomor 23 tahun 2014 sudah jelas jika DOB bisa dilakukan. Dengan pemekaran wilayah, tambahnya, pelayanan publik kepada warga bisa lebih dekat dan mudah.

Baca Juga:   Pemkab Garut Angkat Potensi Wisata Peninggalan Kolonial

Diakui Helmi, selama ini masalah penataan di Kabupaten Garut terkendala beberapa faktor salah satunya jarak yang terlalu jauh. Ia mencontohkan, untuk sampai ke pusat pemerintahan di Garut, warga Talegong atau Cisewu terlebih dahulu harus menempuh perjalanan selama kurang lebih lima jam.

Helmi menegaskan, dengan pembentukan DOB Garsel, nantinya pemerintah setempat juga bisa memfokuskan kebutuhan daerah. “Seperti halnya di Garsel yang merupakan daerah rawan bencana, pemerintah DOB Garsel nantinya bisa lebih memerhatikan persoalan bencana sehingga penanggulangannya bisa lebih mudah,” ujar dia. (AH/Yus)


Komentar

Berita Terkait