BeritaBudaya

Menghidupkan Kembali Rel Kereta Api Mati di Wilayah Jabar

×

Menghidupkan Kembali Rel Kereta Api Mati di Wilayah Jabar

Sebarkan artikel ini
Empat jalur KA di Jawa Barat akan diaktifkan lagi. (Foto: Istimewa)

Oleh: Aji Sakti

SETELAH puluhan tahun mati terkubur, rel-rel kereta api yang terserak di jalur selatan Jawa Barat (Jabar) terutama yang melintasi Stasiun Cibatu – Stasiun Cikajang akan dihidupkan kembali (reaktivasi).

Pemerintah melalui Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi akan melakukan reaktivasi empat jalur kereta api di selatan Jabar, yakni rute Cibatu – Garut – Cikajang (47,5 kilometer), Rancaekek – Tanjungsari (11,5 kilometer), Banjar – Pangandaran – Cijulang (82 kilomwter) dan Bandung – Ciwidey (37,8 kilometer).

Baca Juga:   Dua Positif Covid-19, Akankah Diberlakukan Karantina Wilayah di Garut?

Reaktivasi empat rute kereta yang telah lama mati tersebut dilakukan demi pengembangan sektor pariwisata di daerah-daerah selatan Jabar yang dilalui keempat rute tersebut.

Dalam kesempatan sama, Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Rini Soemarno mengatakan selain menjadi operator, PT Kereta Api Indonesia juga diharapkan untuk berinvestasi di jalur-jalur yang merupakan aset negara tersebut.

Baca Juga:   Kepada Polisi Kepala SMKN 1 Garut Mengaku Senpi Bareta yang Dibawanya Miliki Izin

Menteri Rini menilai reaktivasi sudah menjadi kebutuhan warga Jawa Barat, dan pemerintah ingin meningkatkan layanan di provinsi tersebut, karena masyarakat setempat betul-betul membutuhkan transportasi massal.

Primadona Charlie Chaplin

Rel-rel kereta di selatan Jawa Barat, sebelum mati, pernah menjadi rute primadona masyarakat bahkan selebriti Hollywood.

Presiden Republik Indonesia Joko Widodo menjelaskan bahwa rel-rel kereta yang akan direaktivasi itu dulunya menyangkut kawasan-kawasan wisata.

Baca Juga:   Kunjungi Layanan SIM Keliling Garut Terdekat untuk Kamis 30 Mei 2024, Ini Lokasinya

Presiden kemudian menceritakan bahwa rel-rel kereta api dari Bandung menuju Garut dan sekitarnya pernah menjadi primadona selebriti Hollywood legendaris yakni Charlie Chaplin.

Konten berbayar berikut adalah iklan platform Mixadvert dan MGID. Gosipgarut.id tidak terkait dengan materi konten ini.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *