Berita

Bangunan SMP di Talegong Ambruk Diterjang Angin Puting Beliung

×

Bangunan SMP di Talegong Ambruk Diterjang Angin Puting Beliung

Sebarkan artikel ini
Dua kelas SMP Al - Falah di Kecamatan Talegong yang bagian atapnya ambruk diterjang angin puting beliung. (Foto: Istimewa)

GOSIPGARUT.ID — Dua bangunan kelas SMP Al-Falah di Kecamatan Talegong, Kabupaten Garut ambruk bagian atapnya karena diterjang bencana angin puting beliung pada akhir 2018. Dinas Pendidikan (Disdik) segera mengusulkan dana untuk memperbaikinya.

“Ya untuk kejadian bencana yang merusak bangunan sekolah di Talegong akan segera diperbaiki, mudah-mudahan bisa direalisasikan pada 2019,” kata Kepala Disdik Kabupaten Garut, Totong, kepada wartawan, Kamis (10/1/2019).

Ia menyatakan, Disdik Garut sudah menerima laporan bencana alam yang merobohkan dua lokal bangunan sekolah di Talegong pada Desember 2018. Pemkab Garut akan berupaya mencari sumber dana pada tahun anggaran 2019 untuk bisa mengalokasikan anggaran untuk memperbaiki bangunan sekolah itu.

Baca Juga:   Rumah Janda Tua di Karangpawitan Ambruk, Legislator Yudha PT Datang Beri Bantuan

Sementara usulan dana ke pemerintah pusat maupun ke provinsi, menurut Totong, akan mendapatkan alokasi dananya pada tahun anggaran 2020, karena untuk perbaikan pada 2019 sudah diputuskan pada 2018.

“Kejadian bencananya kan Desember 2018, sehingga pengusulan ke pusat dan ke provinsi untuk dianggarkan pada 2019 sudah selesai, paling bisa 2020,” ujar dia seraya menerangkan, Pemkab Garut akan mencari solusinya dengan mencari sumber dana dari program dinas terkait, atau dialokasikan pada APBD Perubahan 2019 pada pertengahan tahun.

Baca Juga:   Cisewu dan Talegong Jadi Wilayah Paling Rawan Bencana di Garut

Menurut Totong, dana yang dibutuhkan untuk pembangunan satu lokal sekolah yang ambruk ditambah barang untuk menunjang kegiatan belajar di kelas diperkirakan sebesar Rp110 juta.

“Kalau untuk rehabilitasi berat dikisaran satu ruangan itu Rp110 juta, itu sudah sama mebelnya, namun akan lebih ringan lagi biayanya kalau dibangunnya melibatkan masyarakat,” katanya.

Konten berbayar berikut adalah iklan platform Mixadvert dan MGID. Gosipgarut.id tidak terkait dengan materi konten ini.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *