Jawa Barat

Pemprov Jabar Siap Gelontorkan BTT untuk Bantu Korban Terdampak Gelombang Pasang di Wilayah Selatan

×

Pemprov Jabar Siap Gelontorkan BTT untuk Bantu Korban Terdampak Gelombang Pasang di Wilayah Selatan

Sebarkan artikel ini
Penjabat (Pj) Gubernur Jawa Barat Bey Machmudin saat meninjau korban terdampak gelombang pasang di Pantai Rancabuaya, Kabupaten Garut.

GOSIPGARUT.ID — Penjabat (Pj) Gubernur Jawa Barat Bey Machmudin mengungkapkan, pemerintah provinsi (Pemprov) siap menggelontorkan bantuan tidak terduga (BTT), guna membantu korban terdampak gelombang pasang di wilayah selatan Jabar.

Hanya saja Bey Machmudin mengatakan, pihaknya harus menunggu keputusan dari pemerintah kabupaten/kota setempat, sebelum menyalurkan BTT untuk para korban.

“Kami masih mencari skema, apakah BTT atau stimulan. Kalau BTT, itu ada tanggap darurat (keputusan kabupaten/kota terkait bencana). Tapi apakah bisa atau tidak. Kami akan berkoordinasi dengan BPKP (Badan Pengawas Keuangan dan Pembangunan) untuk penetapan kasus ini,” ujar Bey Machmudin, Kamis 14 Maret 2024.

Baca Juga:   Pemprov Jabar Akan Bantu Pembangunan Jembatan Terdampak Banjir di Garut

Mengenai wacana BTT ini, lanjut Bey Machmudin, pihaknya berfokus pada perbaikan rumah korban terdampak gelombang pasang. Meski diakuinya, bantuan tersebut besar kemungkinan baru bisa dicairkan asal pemerintah setempat menetapkan status tanggap darurat.

“Kalau rumah itu mungkin akan BTT, yang pasti penting tanggap darurat dulu. Kapal (rusak), ini mata pencaharian mereka. Itu juga (kita) memikirkan, karena mereka sudah tiga hari tidak melaut. Berarti mereka tidak punya pendapatan,” ucapnya.

Baca Juga:   Dukung PSBB, PT Kahatex Rumahkan Belasan Ribu Karyawannya

Gelombang pasang terjadi di beberapa daerah di Jawa Barat, yakni Pelabuhanratu Kabupaten Sukabumi, Pantai Jayanti Kabupaten Cianjur, dan Pantai Rancabuaya Kabupaten Garut.

Terparah terjadi di Pantai Rancabuaya, di mana ada 141 kapal yang sedang bersandar di pesisir mengalami kerusakan akibat dihantam gelombang pasang. (IK)

Konten berbayar berikut adalah iklan platform Mixadvert dan MGID. Gosipgarut.id tidak terkait dengan materi konten ini.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *