Berita

Wujudkan “Good Government”, Pemkab Garut Luncurkan Aplikasi Srikandi dalam Pengelolaan Arsip

×

Wujudkan “Good Government”, Pemkab Garut Luncurkan Aplikasi Srikandi dalam Pengelolaan Arsip

Sebarkan artikel ini
Penjabat Bupati Garut Barnas Adjidin saat peluncuran aplikasi Sistem Informasi Kearsipan Dinamis Terintegrasi (Srikandi), di Ballroom Hotel Santika, Jalan Cipanas Baru Kabupaten Garut, Selasa (5/3/2024). (Foto: Deni Seftiana)

GOSIPGARUT.ID — Penjabat (Pj) Bupati Garut, Barnas Adjidin, menegaskan pentingnya komitmen bersama seluruh Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) untuk mewujudkan good government dan pengelolaan kearsipan yang sesuai dengan prinsip kaidah serta standar kearsipan.

Ia memuji nilai digitalisasi arsip di Kabupaten Garut yang telah mencapai AA. Ia berharap, nilai ini dapat terus ditingkatkan. Seluruh SKPD diinstruksikan untuk menggunakan aplikasi Srikandi secara maksimal, meskipun menyadari adanya kendala dalam pelaksanaannya.

“Tentu ada kendala-mendala yang kita hadapi di dalam penyelenggaraan kearsipan. Misalnya di suatu SKPD, itu dia punya pekerjaan yang banyak tapi mengerjakan juga Srikandi, jadi tidak fokus sehingga ada keterlambatan-keterlambatan,” kata Barnas, Selasa (5/3/2024).

Baca Juga:   Pemkab Garut Akan Kenakan Sanksi Bagi Warga yang Tidak Gunakan Masker

Kepala Arsip Nasional Republik Indonesia (ANRI), Imam Gunarto, menjelaskan bahwa aplikasi Srikandi merupakan solusi penting untuk pengelolaan arsip di instansi pemerintah. Targetnya adalah seluruh Indonesia akan menggunakan aplikasi ini pada bulan Agustus mendatang, memastikan pengelolaan arsip yang terintegrasi untuk pelayanan publik yang lebih baik.

“Targetnya seluruh Indonesia harus menggunakan aplikasi Srikandi ini di bulan Agustus nanti pas IKN pindah. Itu semua dikejar untuk menggunakan aplikasi Srikandi,” ucapnya.

Baca Juga:   MUI Garut Sesalkan Terjadinya Kasus Pemotongan Bantuan Pesantren

Imam mengungkapkan, beberapa fitur dalam aplikasi Srikandi ini dapat memudahkan kegiatan kearsipan, di antaranya yaitu menciptakan arsip mulai dari membuat surat, mengirim surat, menyimpan surat, dan beberapa fitur lainnya.

Konten berbayar berikut adalah iklan platform Mixadvert dan MGID. Gosipgarut.id tidak terkait dengan materi konten ini.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *